Naik Kereta Api Medan-Danau Toba cuma 2,5 Jam

COMETOLAKETOBA.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan pengoperasian kereta api dari Medan menuju Danau Toba selesai pada 2020.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wilayah II Balai Teknik Perkeretapian Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), M Yusuf menyebut, menggunakan transportasi kereta api dari Medan menuju Danau Toba hanya ditempuh 2,5 jam.

“Untuk saat ini yang sudah dilakukan PT KAI yaitu masih trase. Sedangkan studi FS atau Feasibility Study untuk penerapan trasenya sedang dilakukan di Jakarta,” ujarnya saat ditemui di Stasiun Kereta Api Medan, Rabu (5/7).

Ia mengatakan, PT KAI telah mengusulkan pengerjaan peningkatan jalur kereta api yang mendukung tujuan Medan-Danau Toba pada 2018. Pengerjaanya seperti pergantian rel yang saat ini 33 dan 42 campuran akan ditingkatkan atau diganti menjadi R15 bantalan beton.

“Tapi yang ini belum langsung nyambung sampai ke Danau Toba. Masih sampai ke stasiun di Siantar. Pada tahun selanjutnya jalur kereta api (dari Stasiun Siantar) akan disambungkan menuju ke Danau Toba,” terangnya.

Ia menjelaskan, jalur baru yang akan dibangun dari Pematangsiantar menuju Danau Toba sepanjang 60 kilometer.

“Kalau untuk kendala memang yang masih sulit diatasi adalah pembebasan lahan. Banyak masyarakat yang belum mau bernegosiasi terkait pembebasan lahan tersebut,” tuturnya.

Geografis tak terlalu menjadi masalah atau masih bisa diatasi untuk pembangunan rel kereta api menuju Danau Toba.

“Untuk kondisi geografis saat ini sedang studi. Secara visual di lapangan memang Danau Toba wilayah penggunungan yang jalurnya agak tinggi. Tapi nanti akan ada kajian teknis agar gradient sesuai standar dan bisa diterapkan sesuai peraturan perkeretaapian,” terangnya.

Direncanakan, akan ada tiga stasiun yang dibangun untuk jalur kereta api Medan-Danau Toba, Yaitu stasiun yang berada di Danau Toba dan dua stasiun lainnya akan dibangun per 10 kilometer sebelum sampai ke stasiun Danau Toba. (pra)

SUMBER:Tribun

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *