Perbaikan Jalan Haranggaol Dukung Objek Wisata ke Danau Toba

MEDAN – Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba mendukung rencana pemerintah memperbaiki dan meningkatkan Jalan Haranggaol, Simalungun, Sumatera Utara, karena akan memberi kontribusi besar terhadap peningkatan akses ke Danau Toba.

“Jalan di sekitar Haranggaol yang merupakan salah satu daerah objek wisata dan sentra hasil pertanian dan perikanan Sumut yang berdekatan dengan Danau Toba selama ini sangat memprihatinkan,” katanya di Medan, Kamis (23/3/2017).

Selain sempit, jalan di kawasan itu banyak yang rusak, kemudian tanpa pembatas jalan dan kiri-kanan jalan dipenuhi semak belukar.

Akibatnya, para wisatawan sering merasa khawatir menuju kawasan itu yang merupakan daerah pinggiran Danau Toba.

Apalagi, jalanya turun naik dan berbelok-belok sehingga berbahaya dengan ancaman masuk jurang.

“Tidak hanya wisatawan, jalan yang rusak itu juga sangat mengganggu masyarakat di kawasan itu khususnys petani. Dengan jalan rusak, ongkos angkut produk yang dihasilkan menjadi lebih mahal,”kata Parlindungan.

Haranggol merupakan salah satu sentra produksi mangga, bawang merah, cabai merah, kentang dan hasil ikan di Sumut.

“Saya sudah memastikan pelaksanaan proyek itu ke Ketua DPRD Simalungun, Johalim Purba dan syukur proyek itu memang ada sehingga mengembirakan,”katanya.

Parlindungan menegaskan, mengingat Danau Toba merupakan salah satu kawasan strategis nasional (KSN), sudah seharusnya daerah yang berada di kisaran itu juga mendapat perhatian penuh.

Haranggaol sendiri merupakan bagian dari jalan lingkar Danau Toba.

 

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *