Wujudkan ’10 Bali Baru’, Kemenpar Revitalisasi Kawasan Danau Toba

COMETOLAKETOBA.com– Lomba Desa Bersih di sekitar Danau Toba pada 25 Februari 2017 lalu, merupakan revitalisasi kawasan Danau Toba. ‘’Ini bagian atraksi di sekitar Danau Toba, yang bisa menjadikan kekuatan branding wonderful Indonesia,’’ kata Ketua Pokja Percepatan Destinasi Prioritas, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Hiramsyah S Thaib.

Seperti diketahui, sebanyak tiga desa adat di Batak di Bona Pasogit yang berada di kawasan Danau Toba belum lama ini mulai direvitalisasi. Misinya, menjadikan desa adat sebagai penopang pariwisata di sekitar kawasan yang sedang dipersiapkan menjadi ’10 Bali Baru’ itu.

“Desa itu namanya Desa Adat Ragi Hotang di Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Tobasa. Berikutnya Desa Adat Hutagaol Sihujur di Kecamatan Silaen, Kabupaten Tobasa setelah itu Desa Adat Rumah Bolon Gunung Malela di Kabupaten Simalungun,” pria yang biasa disapa Hiram itu.

Peresmian revitalisasi tiga desa adat tadi dinilai sangat tepat. Apalagi, saat ini ada 4000-an rumah adat di seluruh Tobasa yang punya desain arsitektur yang unik. Ciri khas berbentuk panggung dengan tiang pancang yang kokoh selama ini menjadi salah satu lokasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan.

Atraksi di Danau Toba tidak berhenti di situ saja. Target Kementerian yang dipimpin Arief Yahya itu juga bersama dengan pemda setempat melaunching Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2017.

Sedikitnya ada 10 kegiatan yang akan dilaksanakan. Yang paling dekat Festival Pasir Putih 23 Maret di Pasir Putih Parbaba, Festival Gondang Naposo 29-30 April di Parbaba, Samosir Band Festival pada 12-13 Mei, di Pasir Putih Parbaba.

Kemudian ada Batak Fiesta 27-29 Juni di Tuktuk Siadong, Horja Bius 7-8 Juli di Tomok, dan Samosir Music International 12 Agustus di Tuktuk Siadong. Selanjutnya, Samosir Lake Toba Ultra 22-23 September di Pangururan-Sianjur-Harian, Samosir Jazz Seasons 28 Oktober di Samosir, Sigale Gale Carnival pada 25 Nopember di Tuktuk Siadong dan Festival Sipinggan 28 Desember di Sipinggan.

/jawapos

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *