Jokowi: Pembangunan Toba Harus Serius!

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembangunan kawasan wisata Danau Toba tidak boleh main-main, namun dengan keseriusan. Dengan demikian, masyarakat nantinya dapat ikut merasakan dampak kemajuan di Bona Pasogit.

“Danau Toba harus kita garap secara serius sebagai destinasi wisata” tegas Jokowi saat membuka ratas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Menurut Jokowi, yang sudah dua kali mengunjungi Danau Toba, pembangunan wisata danau vulkanis terluas di dunia itu harus didahului dengan penataan kawasan, pembangunan infrastruktur penunjang seperti hotel atau restoran, dan memperbanyak atraksi wisata.

“Serta peningkatan kemampuan SDM,” ujar Jokowi menambahkan  engembangan wisata ini harus juga menguntungkan pelaku bisnis kecil, menengah dan mikro.

Lebih dari itu, Jokowi menilai Sumatera Utara (Sumut) secara geografis posisi strategis karena berada di jalur palayaran internasional Selat Malaka yang dekat dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Oleh karena itu, menurut Jokowi, provinsi tempat orang Batak itu berasal bisa menjadi pusat perdagangan internasional.

“Dengan posisi strategis itu Sumut bisa dikembangkan menjadi hub internasional,” ujar Jokowi

Bagaimana caranya?

Jokowi melanjutkan, upaya menjadikan Sumut menjadi hub internasional harus diikuti dengan langkah langkah lain. Salah satunya adalah menggenjot pembangunan infrastruktur yang berkaitan erat dengan konsep hub internasional.

“Saya melihat kuncinya ada pada percepatan pembangunan infrastruktur baik infrastruktur pelabuhan bandara maupun jalan tol,” ujarnya.

Untuk diketahui, salah satu Proyek Strategis Nasional di Sumut yang telah diusulkan pemerintah via Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas adalah Tol Tebing Tinggi-Pematangsiantar-Parapat-Tarutung-Sibolga.

Sebelum Lebaran 2017 ini, tol ini dilaporkan sudah bisa menghubungkan Medan-Tebing Tinggi. Selain itu, ada juga proyek Kereta Api dengan jalur Tebing Tinggi hingga Kuala Tanjung.

“Kesiapan infrastruktur akan berdampak pada kecepatan pengembangan kawasan ekonomi khusus di Sei Mangkei maupun kawasan industri khusus lainnya yang sedang kita siapkan sebagai mesin pertumbuhan ekonomi di Sumatera,” ujar Jokowi.

/ batakgaul.

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *