Danau Toba Jadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, Masyarakat Harus Kembangkan Industri Kreatif

PEMATANGSIANTAR – Ditetapkannya Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSN) oleh pemerintah beberapa waktu lalu, berdampak positif bagi Kota Pematangsiantar.

Tak tanggung-tanggung, Pemerintah pusat akan menggelontorkan dana sebesar Rp 21 Triliun untuk menyulap Danau Toba sebagai destinasi pariwisata utama.

“Benar memang akan sangat berdampak positif bagi masyarakat Siantar, karena menjadi lintasan wisatawan yang akan kesana (Danau Toba),” ucap Plt Sekda Kota Pematang Siantar Reinward  Simanjuntak,  usai melakukan Musrenbang di Kecamatan Siantar Utara, Pematangsiantar Kamis (16/2/2016)

Untuk ia telah, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan di wilayahnya masing-masing.

“Karena masyarakat yang tahu apa yang mereka butuhkan untuk direalisasikan oleh pemerintah melalui Musrenbang secara berjenjang,” katanya.

Tentunya dengan ditetapkannya KSN dan diperkirakan ada sebanyak Rp 21 Triliun dana akan dikucurkan untuk pembangunan kawasan tersebut, harus membuat pihaknya dan masyarakat jeli . Sebab besarnya dana pembangunan kawasan destinasi wisata tersebut, akan turut menggeliatkan perputaran ekonomi masyarakat Pematangsiantar.

Ia pun meminta masyarakat untuk terus memikirkan apa yang bisa menjadi penambah ekonomi jika wisatawan berkunjung ke Danau Toba.

Sebab wisatawan akan  melintas dari wilayah Pematangsiantar jika datang dari arah Medan.  Tentunya kondisi ini bisa menjadi peluang sektor industri kreatif dan layanan jasa lainnya.

“Dalam Musrenbang yang barusan kita laksanakan tadi, menghasilkan komitmen kuat diantara pelaku pembangunan diberbagai sektor. Tentunya berdasarkan usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan dan disepakati,” jelasnya.

/tribunnews

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *