Anda Perlu Tahu, Ini 7 Jenis Peralatan Khas Batak Toba

JAKARTA – Bagi yang mau mengunjugi Tanah Batak Toba, atau pun orang Batak Toba sendiri yang akan pulang kampung, pergilah sekali-kali ke dapur atau sawah tempat ompungmu bekerja. Tengoklah peralatan-peralatan yang mereka pakai.

Kalau ada peralatan yang tidak kamu ketahui, maka bertanyalah. Sebab, peralatan yang dipergunakan masyarakat adat dapat mencerminkan kemajuan peradabannya.

Pada 1990, buku yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memaparakan beberapa alat-alat kelengkapan rumah tangga suku Batak Toba yang berasal dari Desa Lumban Gaol (sekarang Kabupaten Humbang Hasundutan)

Berikut 7 jenis peralatan tersebut:

Di desa-desa Tano Batak, masyarakat rata-rata sudah menggunakan perlengkapan masak memasak yang bisa dibilang sudah tidak terlalu tradisional. Ada beberapa alat masak seperti :

a. Hudon tano ( Periuk tanah )

Periuk ini digunakan untuk memasak makanan dan minuman. Periuk ini biasanya dibeli dari pasar tradisional. Periuk ini juga biasanya dilengkapi dengan harpe , yakni sejenis anyaman dari rotan yang digunakan sebagai alas dari pantat periuk ini agar tidak pecah ketika diletakkan di lantai. Harpe ini akan dilepas ketika memasak nantinya.

b. Sangkop

Alat ini adalah sejenis penutup kuali yang berbentuk seperti kuali tanpa telinga. Biasanya alat ini digunakan untuk membentuk sangrai dengan baik. Alat ini biasanya terbuat dari tanah liat.

c. Sonduk

Sonduk  adalah sejenis sendok yang digunakan mengambil makanan dari periuk. Alat ini terbuat dari tempurung kelapa yang dihaluskan dan gagangnya terbuat dari kayu yang dihaluskan. Keduanya disatukan dengan rotan.

Semua alat masak ini merupakan kerajinan tangan dari beberapa desa yang diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional.

/Batakgaul

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *