Air Terjun Situmurun Yang Langsung Ke Danau Toba

COMETOLAKETOBA.com – Air Terjun Situmurun adalah sebuah obyek wisata alam Sumatera Utara, merupakan air terjun yang berada di Sungai Benangalom, maka air terjun ini kadang disebut juga air terjun Binangalom. Air terjun yang satu ini menjadi istimewa karena airnya terjun langsung keDanau Toba dan memiliki ketinggian mencapai 70 meter. Selain itu bentuk air terjun ini memiliki tingkat-tingkat yang jumlahnya ada tujuh tingkat. Hal ini membuat obyek wisata ini menjadi salah satu yang istimewa di antara banyak air terjun lain yang ada di sekeliling danau, seperti air terjun Sipisopiso yang mungkin sudah Anda ketahui.

Lokasi Air Terjun Situmurun

Air terjun ini berada di sebuah desa bernama Desa Binangalom Kecamatan Lumban Julu Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Letaknya sekitar 70 kilometer dari kota Balige yang merupakan ibukota Kabupaten Toba Samosir. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun ini harus dengan naik kapal dari pelabuhan di Balige atau di Parapat.

Pemandangan ini sangat menarik untuk dilihat, dan sangat cocok bagi wisatwan untuk menikmatinya dengan berlibur ke tempat ini. Saat ini untuk mencapainya sudah lebih mudah karena jalur alternatif untuk ke Danau Toba sudah tersedia, dengan dioperasikannyaBandara Silangit sebagai gerbang wisata ke Danau Toba. Dari Jakarta sudah bisa terbang ke Silangit yang jaraknya tidak berapa jauh ke kota Balige dengan pilihan beberapa perusahaan penerbangan. Dari Balige Anda bisa menuju air terjun Situmurun dengan naik kapal dari pelabuhan kapal yang ada di sana. Dan Anda juga bisa menginap di kota tersebut karena sudah cukup banyak hotel yang cukup bagus, atau Anda bisa juga melanjutkan berlayar menuju Tomok di Pulau Samosir.

Menikmati Kesejukan Air Terjun Situmurun

Berwisata ke lokasi air terjun ini akan membawa Anda merasakan kesejukan hingga ke hati seperti nama sungai yang mengalir ke lokasi air terjun tersebut, yaitu sungai Binangalom. Nama Binangalom berasal dari kata “lum” yang dalam bahasa Batak toba dapat diartikan sebagai air penyejuk hati. Demikianlah suasana di air terjun ini yang dapat memberikan kesejukan hati saat Anda berada di sana.

Keindahan air terjun ini sudah lama dikenal keindahannya oleh para wisatawan lokal bahkan hingga wisatawan mancanegara. Dengan lokasinya yang hanya bisa dicapai dengan kapal, menyebabkan lokasi ini membutuhkan biaya untuk sewa kapal untuk menuju ke sana dan bisa menikmatinya. Namun bagi wisatawan mancanegara yang lebih sering menikmati pemandangan yang sangat indah ini, bahkan peminatnya semakin banyak yang ingin datang ke sana.

Di lokasi air terjun ini Anda bisa menikmati segarnya berenang di bawah air terjun karena airnya yang sangat jernih. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam yang hijau ditambah gerakan burung bangau yang terbang di seputaran air terjun. Para bangau ini memangsa ikan pora-pora yang berenang berlompatan menerobos derasnya air terjun.

 

/panatapan

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *