4 Gunung di Sumut ini cocok jadi pilihan pendaki saat liburan

COMETOLAKETOBA.com – Demam mendaki gunung sedang digandrungi kaum muda di Indonesia, tak terkecuali di Sumatera Utara (Sumut). Banyaknya pendaki yang memilih berwisata alam saat liburan menjadikan beberapa gunung sebagai destinasi pilihan.

Di Sumatera Utara ada 4 gunung yang hits bagi kalangan pendaki di Sumut. Rugi deh jika tidak menjejak puncaknya. Berikut 4 gunung yang jadi favorit pendaki di Sumatera Utara yang dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber:

 

1. Gunung Sibayak


foto: @kawanpetualangmedan

Gunung Sibayak berlokasi di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Ketinggian Gunung yang kerap menjadi objek pendakian ini mencapai 2.094 meter di atas permukaan laut.

Gunung Sibayak merupakan gunung berapi aktif yang memiliki uap panas. Selain itu, terdapat semburan uap belerang yang terdapat pada salah satu dinding tebing di gunung Sibayak. Jaraknya yang tak jauh dari Gunung Sinabung membuat para pendaki kerap disuguhkan dengan pemandangan yang takjub yakni bisa melihat jelas erupsi gunung Sinabung.
2. Gunung Pusuk Buhit


foto: @awanikhwan

Gunung Pusuk Buhit merupakan gunung tinggi sisa dari letusan gunung api Toba Purba yang maha dahsyat. Letusan gunung ini tercatat paling besar sepanjang sejarah dunia. Gunung Pusuk Buhit memiliki ketinggian 1.972 meter di atas permukaan laut dan mencakup beberapa desa di Kecamatan Sianjur Mula-mula dan Kecamatan Pangururan. Kabupaten Samosir.

Gunung ini juga dikenal keramat, dan bagi suku Batak mempercayai jika dari gunung inilah Raja Batak atau nenek moyang suku Batak berasal. Gunung ini memanjakan mata para pendaki dengan hamparan luas Danau Toba terlihat jelas dari atas puncak gunung. Aroma mistis sangat tercium kental di gunung ini dengan masih adanya tempat persaktian dari Si Raja Batak.
3. Gunung Sibuatan


foto: @mistersuu

Gunung Sibuatan biasa disebut dengan Deleng Sibuatan. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara, dengan ketinggian mencapai 2.457 meter di atas permukaan laut. Berada di Desa Nagalingga, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, menjadikan gunung ini sebagai pilihan bagi pendaki yang memiliki adrenalin tinggi.

Bukan tapa sebab, untuk mencapai ke atas puncak gunung dibutuhkan waktu hingga 8 jam. Pendaki yang datang harus memiliki stamina yang berlapis, ditambah dengan trek lumpur membuat pengunjungnya dipaksa mengeluarkan tenaga ekstra.

Gunung ini dikenal dengan hutan lumutnya dan suasana dingin. Memiliki curah hujan yang tinggi, membuat pendaki harus bermandikan lumpur. Pemandangan yang disajikan gunung Sibuatan juga tak kalah menarik, Gunung Sinabung, Gunung Sibayak, dan bukit lainnya sangat terlihat jelas dari atas Deleng Sibuatan ini. Tanaman kantung semar juga jadi penghuni tetap gunung ini.

 

4. Gunung Sipiso-Piso


foto: @nugikuga

 

Gunung Sipiso-Piso atau lebih dikenal dengan nama Bukit Gundul di kalangan komunitas pencinta alam Sumatera Utara adalah sebuah gunung cantik dengan ketinggian mencapai 1.900 meter di atas permukaan laut yang berada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Gunung ini mempunyai keunikan sendiri dibandingkan gunung lainnya. Pepohonan yang hanya tumbuh di bagian puncaknya saja. Untuk mencapai puncak gunung ini tak membutuhkan tenaga yang banyak, karena bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor. Tempat ini selalu penuh saat hari libur. Pendaki yang ingin melihat keindahan Danau Toba dan perbukitan sekitar Samosir bisa memilih gunung ini sebagai destinasi penghilang penat.

 

/brilio

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *