Badan Otorita Danau Toba Sebut Target Kunjungan Wisman Sulit Dipenuhi, Ini Alasannya

MEDAN – Direktur Utama Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba, Arie Prasetyo, menyebut berat untuk memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara ke Danau Toba yang diproyeksikan pemerintah pusat.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata mematok target satu juta kunjung wisatawan mancanegara ke Danau Toba hingga 2019 mendatang.

“Saat ini kalau kita lihat wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumut itu sekitar 250 ribu per tahun. Dari data BPS, dari 260 ribu itu sebanyak 60 ribu wisatawan mancanegara yang ke Danau Toba. Memang kalau dilihat dari angka itu, 60 ribu sampai 70 ribu itu, sebenarnya memang berat kalau mencapai satu juta,” ujar Arie saat ditemui ketika menyambangi Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Kamis (15/12/2016) petang.

Meski mengakui target jumlah kunjungan yang dipatok berat, namun Arie yakin peningkatan infrastruktur untuk mengakses destinasi pariwisata Danau Toba akan turut mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

“Jadi saya yakin permasalahannya adalah aksesibilitas. Pada saat akses kita bangun, misalnya jalan tol, jalur kereta api dan renovasi bandara, harapannya 80 persen dari wisatawan (mancanegara) yang masuk ke Sumut itu ke Danau Toba,” ujarnya.

Rute yang akan dilewati peserta Turn Back Trail dengan pemandangan Danau Toba.
Danau Toba.

Menurut Arie, keterbatasan infrastruktur membuat wisatawan mancagara tidak menetapkan Danau Toba sebagai destinasi utama ketika berkunjung ke Sumut.

Oleh sebab itu, Arie mengatakan pihaknya fokus mendorong pembenahan aksesibilitas ke kawasan pariwisata yang digadang bakal menjadi Monaco of Asia tersebut.

“Karena sulitnya aksestabilitas itu, jadi wisatawan punya pilihan, apakah ke Danau Toba atau ke Medan misalnya, atau ke Berastagi. Jadi sebetulnya kalau akses sudah baik mereka bisa merangkum beberapa destinasi, jadi aksesibilitas itu PR nomor satu,” ujarnya mengakhiri.

(cr5/tribun-medan.com)

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *