Forsikatel Telkom Group Reboisasi 10 Ha di Kawasan Danau Toba

Sumut – Demi mendukung program pemerintah dalam memajukan destinasi wisata dan penghijauan kembali daeran kawasan hutan Danau Toba, Forum Silaturahmi Istri Karyawan Telkom (Forsikatel Grup) bekerja sama dengan Pemerhati lingkungan Toba Samosir melaksanakan “Program Pemulihan Ekosistem Kawasan Danau Toba”.

Program dilaksanakan di Sibatu Ni Loteng, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Selasa (13/12) lalu. Turut hadir dalam kesempatan ini jajaran Muspida Kabupaten Simalungun dan tokoh-tokoh adat masyarakat setempat.

Ketua Forsikatel Grup, Evelita Alex J. Sinaga menyampaikan, Forsikatel Grup memiliki banyak kegiatan di bidang sosial, di antaranya bina lingkungan. Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah untuk melestarikan reboisasi hutan dan pemulihan ekosistem kawasan danau sebagai destinasi wisata nasional.

Forsikatel grup mendapat ijin melaksanakan Program Go Green di lahan 10 Ha dengan menanam jenis pohon seperti gaharu, kemenyan toba sekaligus diberikan biaya perawatan pohon selama satu tahun untuk memastikan tanaman bisa tumbuh.

“Program ini dilaksanakan agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar Danau Toba dan dapat dinikmati oleh anak cucu kita di masa yang akan datang. Kali ini ditanam 50 ribu batang pohon di lahan 10 hektare,” kata Evelita.

Penyerahan bibit pohon dilaksanakan secara simbolis, dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Ketua Forsikatel Group, Evelita dan Kepala Dinas Kehutanan, Sori Muda Purba, sebagai perwakilan Bupati Kabupaten Simalungun. Pada kesempatan ini juga, Evelita menyerahkan perkakas kerja kepada kelompok tani.

Penanaman pohon dilakukan secara bersama-sama dengan pejabat Pemkab Simalungun, dipandu langsung oleh Ketua Yayasan El Saddai, Marandus Sirait dan pengurus Forsikatel Grup di bawah pimpinan Evelita yang terlibat langsung menanam bibit pohon yang sudah disediakan.

Hutan Dalam Kondisi Kritis

Kadis Kehutanan, Sori Muda Purba mengatakan, hutan di kawasan Danau Toba dalam kondisi kritis lebih kurang 89.000 ha, 40 persen adalah lahan masyarakat dan 60 persen lahan kehutanan yang tersebar di 7 kabupaten.

“Kami sangat bangga dan mengapresiasi atas kerja sama PT. Telkom dan Kehutanan untuk melakukan pemulihan ekosistem kawasan Danau Toba,” sebut Sori Muda.

Rangkaian kunjungan Ketua Forsikatel di TReg 1 dan rombongan berikutnya melakukan peninjauan langsung ke UKM binaan Telkom, Nurma Sipayung dan Asniwaty Silalahi.

“Hal ini sebagai bentuk dukungan moril dan motivasi untuk dapat menghasilkan produk tenunan ulos dan kerajinan lainnya yang berkualitas,” demikian disampaikan Evelita, Rabu (14/12).

/analisadaily

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *