Master Plan, Kawasan Pariwisata Danau Toba Ditargetkan Rampung 2017

JAKARTA – Master plan Pembangunan Kawasan Pariwisata Danau Toba ditargetkan selesai pada 2017. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Untuk visioning bulan Desember ini ditargetkan selesai. Untuk master plan secara keseluruhan sampai detail tahun 2017 selesai,” kata Arief seusai acara pelantikan Pejabat Eselon III dan IV Kementerian Pariwisata, Badan Otoritas Toba, dan Pengurus Gabungan Industri Pariwisata Indonesia di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Ia menambahkan master plan sementara pembangunan Kawasan Pariwisata Danau Toba harus selesai sebelum bulan Juni 2017. Hal itu untuk melengkapi syarat pinjaman dana dari Bank Dunia.

Master plan pariwisata itu khususnya di kawasan otoritatif yang seluas 603 hektar,” ujar Arief.

Ketua Badan Otoritas Danau Toba Arie Prasetyo mengatakan saat ini rancangan master plan kawasan pariwisata Danau Toba telah dikerjakan sejak awal terbentuknya Badan Otorita Danau Toba Juni 2016 lalu.

Dalam pengerjaan kawasan pariwisata ini, lanjut Arie, Kepala Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba menggaet konsultan master planning dari Singapura. Adapun pembentukan Badan Otorita Danau Toba ditandai dengan Peraturan Presiden No 49 Tahun 2016.

Kawasan Otoritas Danau Toba sendiri berlokasi di wilayah Ajibata, Toba Samosir. Di saat yang bersamaan Arief Yahya juga mengukuhkan pengurus Gabungan Industri Pariwisata Indonesia periode 2016-2021. Pembina GIPI adalah Dadang Rizki Ratman, Pontjo Sutowo, Rahmat Gobel; dan Dewan Pakar yakni Frans Teguh, Reinier Daulay, dan Purnomo.

/KOMPAS

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *