Danau Toba Siap Pamerkan Atraksi Air Kelas Dunia

Keindahan Danau Toba kian memikat wisatawan mancanegara. Namun saat ini danau terbesar di Asia Tenggara itu masih memiliki fasilitas pariwisata yang minim.
Untuk itu, Kementerian Pariwisata ingin membuat pesona wisata di Danau Toba selayaknya destinasi wisata kelas dunia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan ke depannya Danau yang terletak di provinsi Sumatera Utara itu akan membuat atraksi air seperti yang dilakukan di Danau Xi Hu, Hangzhou China.
“Kita sudah ke sana pada 10-13 Oktober lalu dan pemerintahan Hang Zou akan mengunjungi Danau Toba, jadi nanti mereka akan membuat namanya sister lake (danau kembar) antara danau Xi Hu dengan Danau Toba,” ujar Arief Yahya melalui siaran persnya dilansir viva.

Dikatakan Arief Yahya, Presiden Joko Widodo jatuh cinta dengan Hang Zou saat menghadiri KTT G-20. Bahkan mengakui bahwa pemerintah Hangzou luar biasa dalam mengolah atraksi di danau itu.

“Ujungnya, mereka akan datang awal tahun 2017,” tuturnya.

Ketika ditanya mengenai bentuk kerjasama dalam mengelola Danau Toba, dia mengungkapkan akan melakukan kerjasama secara tidak langsung, yakni mencontoh seni pertunjukan di atas air menggunakan lighting dan management pengelolaan Danau Toba.

“Secara langsung tidak, yang kita tertarik itu hanya untuk seni pertunjukan. Memang dulu kita tawarkan kalau Anda berminat membuat seni pertunjukkan karena di sana sudah sangat advice bisa kita contoh,” katanya.

“Kamu membayangkan ada orang performance di atas air menggunakan lighting di atas danau bagus, itu yang mungkin akan kita ambil,” ucapnya.
Yang kedua management, bagaimana memanagement danau. “Di sana itu dibentuk managementnya. Memang beruntung karena hanya di satu walikota, kalau Toba ada 7 bupati, kita akan mencontoh dalam segi memanagement pengelolaan Danau Toba tersebut,” kata Arief Yahya.

Sebelumnya, rombongan Presiden Joko Widodo berkunjung ke G-20 Summit 4-5 September 2016 lalu yang digelar di Hangzhou, Zhejiang. Sebuah Kota Danau dikelilingi pegunungan, pepohonan hijau dan banyak atraksi pariwisata yang menyedot perhatian publik.

Tahun 2015, danau yang juga dikenal dengan sebutan West Lake atau Xi Hu itu didatangi 120 juta wisatawan domestik, dan 3 juta wisatawan asing.

Di tengah kesibukan KTT G-20, Presiden Jokowi mengamati detail atraksi di danau itu. Mulai dari manajemen kawasan, infrastruktur, naik kapal berkeliling, sampai nonton show Impression West Lake yang dikreasi oleh Zhang Yimou.

Setelah mendengar itu, Arief ingin cepat-cepat menyulap Danau Toba menjadi world class level dengan mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah Hangzhou, China.

metrokini

Post Author: Come To Lake Toba

You know my name but not my story

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *