Masakan Khas Batak Dali Ni Horbo

Dali ni horbo adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar dari susu kerbau khas Batak, merupakan bagian dari kekayaan kuliner di Kawasan Danau Toba. Biasanya susu dikonsumsi sebagai cairan untuk diminum atau diolah menjadi bentuk lain seperti yoghur atau keju. Di sekitar Danau Toba susu diolah menjadi makanan khas, dimana susu dibekukan dengan cara diolah secara tradisional

Susu biasanya dikonsumsi daalam bentuk cair atau menjadi bahan olahan makanan lain. Tetapi ada penganan unik dari daerah Sumatera Utara, khususnya di sekitaran Danau Toba seperti di Kecamatan Porsea, anda dapat menemukan susu kerbau dijual dalam bentuk penganan setelah dibekukan dengan cara dimasak dengan cara tradisional dan tanpa bahan kimia.

Makanan ini disantap sebagai susu yang dibekukan dan tekstrurnya memang hampir sama dengan keju, wisatawan asing sering menyebut makanan ini sebagai keju Batak. Jika diselidiki memang cara pembuatan dali ni horbo hampir sama dengan pembuatan keju. Kebiasaan membuat dali dari susu kerbau ini sudah dimulai sejak lama dalam masyarakat batak. Dan makanan ini biasa dikonsumsi di restoran-restoran khas batak, karena rasanya yang enak dan gurih serta memiliki kandungan gizi yang baik apalagi pengolahannya dilakukan secara tradisional tanpa menggunakan bahan kimia.

Bagaimana membuat Dali Ni Horbo atau Bagot Ni Horbo? Caranya cukup sederhana, dibuat dari susu kerbau terbaik yang diambil dari kerbau yang memiliki anak yang berumur 1-8 bulan, kemudian direbus kurang lebih sepuluh menit dan ditambahkan perasan air nenas. Gunanya air nenas ini adalah untuk menghilangkan aroma amis dari susu serta membantu proses pembekuan susu sehingga menjadi kental. Ada yang yang menambahkan air perasan air pepaya untuk menambah rasa. Dali ini sudah siap untuk disantap. Namun bisa juga dali dimasak kembali dengan cara bumbu arsik dan  menambahkan bawang rambu, daun ubi dan andaliman dimasak hingga airnya mengering.

dali_ni_horbo
Dali No Horbopanatapan.com

Setelah airnya hampir habis dali ni horbo ini siap untuk disantap dengan nikmat karena rasanya yang gurih akan menambah selera makan. Jika sedang berwisata di daerah Balige Anda bisa menikmatinya di lapo-lapo Batak yang menjualnya. Harganya tidak terlalu mahal karena dengan uang sekitar 10 hingga 20 ribu rupiah saja Anda sudah bisa menikmatinya.

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *