Pintu Gerbang Wisata Danau Toba

Pintu gerbang wisata Danau Toba adalah kota yang dilalui untuk menuju kawasan Danau Toba, karena begitu luas ada beberapa kota yang menjadi gerbang ke kawasan-kawasan yang tersebar disekeliling danau. Selama ini yang lebih dikenal sebagai gerbang wisata di pinggir Danau Toba adalah kota Parapat dimana sudah banyak fasilitas wisata berkembang di kota ini seperti hotel atau penginapan, restoran, pelabuhan dan pantai wisata. Dan biasanya para wisatawan yang akan berwisata ke Pulau Samosir lebih sering lewat Parapat melalui pelabuhan Ajibata. Namun selain kota Parapat ada kota lain yang menjadi gerbang wisata untuk menuju kawasan-kawasan wisata di sekitar Danau Toba, seperti Tigaras, Merek, Pangururan dan Balige.

Pintu Gerbang Wisata Di Sekitar Danau Toba

Untuk menuju tempat-tempat wisata yang ada disekeliling Danau Toba bisa melalui beberapa gerbang wisata yang sesuai dengan tujuan wisata yang akan Anda datangi. Untuk itu perlu mengetahui gerbang-gerbang wisata yang ada sehingga Anda bisa merencanakan liburan atau wisata dengan baik. Lokasi kawasan-kawasan wisata yang sudah berkembang di Danau Toba sudah cukup banyak dengan ciri khas masing-masing yang berbeda dan unik. Kawasan-kawasan wisata tersebut ada yang berada di utara, ada yang berada di bagian barat danau, ada yang berada di bagian timur dan ada juga di bagian selatan dari danay yang ukurannya sekitar 100 km x 31 km ini. Di bawah ini kita coba deskripsikan gerbang-gerbang wisata untuk menuju Danau Toba.

Gerbang Wisata Tigaras

Gerbang wisata ini berada di wilayah Kabupaten Simalungun dan berada di bagian barat dan sedikit ke utara dari Danau Toba. Untuk menuju lokasi ini ada dua trayek yang bisa Anda pilih yang pertama adalah trayek Medan-Berastagi-Kabanjahe-Saribudolok-Simarjarunjung-Tigaras sejauh 145 km dan trayek kedua adalah trayek Medan – Tebingtinggi – Pematang Siantar – Tigaras dengan jarak lebih  jauh 196 km.

Melalui Gerbang Tigaras ini Anda bisa mengunjungi kawasan wisata Parapat – Tigaras yang memiliki beberapa objek wisata seperti kota Parapat, Tugu Perjuangan Rakyat Tigaras, Wisata Tanjung Unta, Rumah Bolon Pematang Purba, Haranggaol, Pelabuhan Tigaras dan lainnya. Dan dari Tigaras Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Samosir dengan menaiki ferry dari Pelabuhan Tigaras menuju Pelabuhan Simanindo. Untuk mengetahui jadwal dan biaya penyeberangan bisa diklik disini.

Gerbang Wisata Merek

Gerbang wisata Merek berada di bagian paling utara dari Danau Toba, berada dalam wilayah Kabupaten Karo. Untuk mencapai kota Merek bisa ditempuh dengan kenderaan bermotor baik roda dua, roda empat dan juga bis pariwisata dengan jarak  97 km melalui trayek Medan – Berastagi – Kabanjahe – Merek, dengan waktu perjalanan kurang lebih 2,5 jam.

Dari kota Merek ini Anda bisa menikmati beberapa lokasi wisata seperti Air Terjun Sipiso-piso, Haranggaoldan Desa Tongging dan Desa Silalahi.

Gerbang Wisata Pangururan

Pangururan adalah kota di bagian barat Pulau Samosir yang menjadi gerbang dari Barat di kawasan Danau Toba. Untuk dapat menuju kota ini dapat ditempuh dengan kenderaan bermotor sejauh 202 km yang bisa dutempuh dalam waktu 6 jam perjalanan. Perjalanan menuju kota tersebut akan melewati trayek dari Medan – Kabanjahe – Merek – Sidikalang – Doloksanggul – Pangururan. Dalam jalur ini Anda akan melewati beberapa kawasan objek wisata seperti Berastagi, Taman Wisata Iman Dairi, Pusuk Buhit. Sebelum masuk kota Pangururan Anda akan melintasi jembatan Tano Ponggol yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Pulau Samosir. Jalur ini adalah satu-satunya akses darat sampai masuk ke Pulau Samosir.

Gerbang Parapat-Ajibata

Kota Parapat menjadi gerbang pariwisata yang sudah lama dikenal oleh para wisatawan baik domestik maupun asing, karena itu di kota ini sudah banyak fasilitas wisata yang lebih maju dibanding daerah lain dalam Kawasan Danau Toba. Kota ini dapat ditempuh dalam waktu 4 hingga 5 jam dengan jarak 180 km ke arah Selatan Kota Medan dengan melewati trayek Medan – Tebingtinggi – Pematang Siantar – Parapat. Di kota Parapat terdapat Pelabuhan Ajibata sebagai dermaga penyeberangan ke Pulau Samosir yang dilakukan dengan naik ferry dari pelabuhan Ajibata ke Pelabuhan Tomok. Ferry dari pelabuhan ini beroperasi setiap hari.

Kota Parapat ramai dikunjungi wisatawan karena banyak objek wisata yang bisa Anda nikmati lewat kota ini seperti Pantai Pasir Putih Parapat, Rumah Tahanan Sukarno, Wisata Batu Gantung dan lain-lain. Jika Anda menginap disini, maka Anda bisa juga berwisata ke Tomok di Pulau Samosir dengan naik kapal pagi hari dan kembali pada sore harinya.

Gerbang Balige

Gerbang Balige adalah gerbang paling selatan Kawasan Danau Toba, karena kota ini berada di pesisir danau bagian paling selatan. Kota Balige merupakan ibukota kabupaten Toba Samosir. Untuk menuju kota Balige dapat melalui dua jalur berbeda, yang pertama adalah Jalur Parapat yaitu dari Medan – Tebing Tinggi –  Pematang Siantar – Parapat – Balige dengan jarak  243 km yang dapat ditempuh dalam waktu 7 hingg 8 jam perjalanan. Sedangkan yang satunya adalah jalur Merek yaitu trayek Medan – Kabanjahe – Merek – Dolok Sanggul – Siborong-borong – Balige dengan jarak 278 km yang dapat ditempuh dalam waktu 8-9 jam perjalanan dengan kenderaan bermotor.

Lewat tempat ini yang lokasinya berada di selatan Danau Toba ini kawasan wisata yang dituju adalah Kawasan Muara-Baktiraja dan Kawasan Wisata Balige – Tara Bunga – Tampahan. Selain itu dari gerbang selatan ini Anda juga bisa menuju Pulau Samosir dengan naik kapal ferry dari Pelabuhan Muara ke Pelabuhan Nainggolan. Untuk mengetahui informasi penyeberangan dari sini bisa Anda baca di sini.

Demikianlah informasi mengenai Pintu Gerbang Wisata Danau Toba yang perlu diketahui untuk membantu Anda melakukan perencanaan perjalanan wisata Anda di Danau Toba.

Selamat berwisata. Horas.

Menuju Pulau Samosir dengan Kapal
Menuju Pulau Samosir dengan Kapal

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *