Danau Toba Semakin Surut, PT Inalum Diminta Hentikan Operasional

Surutnya air Danau Toba setiap harinya dan sudah berlangsung selama 10 bulan terakhir ini, mendorong beberapa masyarakat angkat bicara. Ditemui GoSumut, Kamis (10/11/2016), di tempat yang berbeda, warga sepakat meminta PT Inalum atau perusahaan Aluminium yang ada di Asahan untuk sementara menghentikan produksinya.

“Kami meminta supaya PT Inalum untuk sementara menghentikan produksinya. Danau Toba sudah semakin surut dan dikhawatirkan akan semakin surut. Sehingga, produksi PT Inalum kami minta untuk dihentikan,” ujar Arifin Naibaho salah satu tokoh masyarakat, Pangururan.

Hal senada disampaikan, tokoh masyarakat dari Simanindo, Ater Marpaung. Orang tua yang juga aktif dalam media ini menerangkan, volume air Danau Toba yang digunakan untuk memutar mesin turbin lebih baik dihentikan sejenak, supaya air Danau Toba bisa kembali normal.

Diakuinya, jika pintu pintu air yang ada di Desa Siruar, Kecamatan Porsea, Toba Samosir ditutup sementara atau dikembalikan ke posisi standar, maka air Danau Toba diyakini akan kembali normal. Sebab, selain air yang sangat kurang, musim kemarau panjang membuat air semakin sedikit.

Sementara itu, dari sisi Pariwisata, beberapa objek wisata yang ada seperti di Objek wisata Parbaba, air danau tampak surut sekitar 100 meter dari biasanya. Pasir putih tampak meluas dan beberapa tenda dari plastik didirikan di hamparan pasir putih.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Drs Ombang Siboro menyampaikan, tinggi rendahnya air Danau Toba bisa diatur oleh Water Regulator milik PT Inalum. Sebab, diakuinya, pada beberapa tahun yang lalu, masyarakat sekitar Danau Toba bersama pemerintah sudah menyepakati ketinggian air danau di kisaran 901 hingga 902 dari ketinggian danau sekitar 904 meter dar permukaan laut.

“Kalau saya tidak salah, beberapa waktu lalu, sudah ada kesepakatan bersama masyarakat, pemerintah dan perusahaan tersebut tentang batas air, sehingga itu perlu diperhatikan kembali,” katanya.

Ia juga berharap, air Danau Toba kembali normal supaya gairah pariwisata di Danau Toba secara khusus di Samosir bisa kembali normal dan wisatawan dapat menikmatinya.

Gosumut

Post Author: Come To Lake Toba

You know my name but not my story

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *