Aek Limut, Salah Satu Air Terjun Menyegarkan di Tanah Batak

aek limut

Sumatera Utara punya deretan air terjun menawan. Seperti di Asahan ini, air terjun Aek Limut yang menyegarkan dan dapat melepas penat.

Kawasan Ngarai Sigura-Gura atau dikenal juga dengan nama Lembah Asahan adalah sebuah kawasan indah dengan puluhan air terjun mengalir di dalamnya. Dari sekian banyak air terjun di dalam kawasan ini, hanya beberapa yang telah dikelola dan menjadi objek wisata. Salah satunya adalah Air Terjun Aek Limut.

Air Terjun Aek Limut terletak dalam kawasan Ngarai Sigura-Gura, tepatnya berada di Parhitean, Kecamatan Meranti Utara, Kabupaten Tobasa. Air terjun ini berada persis di pinggir jalan lintas yang menghubungkan Porsea di Toba Samosir dengan Kabupaten Asahan.

Karena berada tepat di pinggir jalan, untuk mengunjungi air terjun tidak begitu sulit karena tidak harus melakukan trekking yang menguras stamina seperti pada air terjun kebanyakan yang biasanya berada di dalam hutan dan pengunjung harus trekking dahulu untuk mencapai air terjunnya.

Selain akses yang mudah, Air Terjun Aek Limut ini juga merupakan sebuah air terjun yang cukup indah. Airnya yang jernih, bersih dan segar mengalir anggun dari tebing batu setinggi 70 meter lebih. Di bawahnya terbentuk sebuah kolam alami kecil yang tidak dalam, sehingga tidak dimungkin untuk berenang. Bagi yang ingin berbasah-basahan, bisa langsung merasakan jatuhan air terjunnya saja, karena aliran air terjunnya cukup lembut dan terasa seperti hujan.

Di sekitar kolam air terjun ini juga terdapat banyak batu-batu besar bersebaran yang menambah keindahan air terjun ini. Sekitar 15 meter dari air terjun terdapat pula Sungai Asahan, aliran air terjun ini memang mengalir langsung ke Sungai Asahan.

Untuk fasilitasnya sendiri, Air Terjun Aek Limut nampaknya telah dikelola dengan cukup baik oleh masyarakat sekitar, terlihat dari adanya pamflet nama air terjun, lokasi parkir, warung-warung makan dan kamar mandi. Harga tiket masuknya sendiri gratis, pengunjung hanya cukup membayar biaya parkir kendaran sebesar Rp. 5000 per sepeda motor, cukup murah untuk sebuah objek wisata seindah ini.

Aek Limut adalah sebuah air terjun indah yang terletak dalam kawasan Ngarai Sigura-Gura, tepatnya berada di Parhitean, Kecamatan Meranti Utara, Kabupaten Tobasa.

Sumber : Detik

Post Author: Come To Lake Toba

You know my name but not my story

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *