Rumpun Batak Itu Tersebar di Beberapa Pulau Sumatera

JAKARTA – Bagi Anda yang belum paham tentang orang Batak mungkin hanya paham kalau orang Batak itu hanya tinggal di daerah Sumetera Utara. Padahal, orang Batak yang mungkin sudah berbudaya Melayu atau sudah berasimilasi dengan suku-suku lain, atau sudah memiliki agama yang berbeda dengan mayoritas orang Batak, mereka tetaplah orang Batak. Gen yang ada dalam diri mereka adalah gen orang batak.

Rumpun Batak, adalah suatu bangsa Proto-Malayo yang pada awal kehadiran di pulau Sumatera ini tersebar-sebar di beberapa provinsi dan menjadi kelompok-kelompok tersendiri dan memiliki identitas sendiri-sendiri. Tersebar di pulau sumatra dan pulau-pulau kecil di pesisir barat pulau Sumatera. Beberapa tersebar ke wilayah-wilayah lain jauh dari daerah awal penyebaran dan tidak diketahui lagi identitasnya, tapi dari beberapa budaya yang walaupun sudah terpengaruh budaya lain, masih terlihat bahwa mereka masih terkait hubungan sejarah dan kekerabatan sejak masa lalu dari asal dan nenek moyang mereka.

Diperkirakan kehadiran suku-suku Batak di pulau Sumatera sejak sekitar 7000 tahun SM. Beberapa kelompok dari suku Batak saat ini, tidak mau disebut sebagai suku Batak atau telah melepaskan identitas ke”batak”annya, dan menjadi suatu suku tersendiri. Asal usul rumpun Batak sendiri bermacam versi yang ada seperti berasal dari Yunan di Cina bagian Selatan, dari Thailand, dari Burma, dari Formosa Taiwan bahkan ada versi mengatakan berasal dari daerah Assam India. Namun, darimana pun rumpun Batak berasal, yang pasti rumpun Batak telah eksis ribuan tahun di pulau Sumatera dan menyebar menjadi beberapa kelompok suku yang maju.

Berikut beberapa kelompok yang dikategorikan sebagai bagian dari rumpun Batak atau paling tidak pernah terkait sejarah masa lalu dengan Batak dan tersebar di beberapa tempat di pulau Sumatera.

Provinsi Aceh

Alas

Boang

Gayo

Gayo Lut

Gayo Deret

Gayo Lues

Gayo Serbejadi (Lukup)

Gayo Kalul

Batak 27 (Batak Bebesen)

Kahia

Kluet

Singkil

Devayan

Haloban

Lekon

Sigulai

Tamiang

Julu

Sumatra Utara

Batak Angkola

Batak Dairi

Klasen

Boang

Kahia

Kamak Kepuh

Batak Karo

Karo Gugung (Karo Gunung)

Karo Jahe (Karo Bawah)

Karo Melayu Pesisir Timur

Batak Mandailing

Mondoiliq

Batak Padang Lawas

Batak Pakpak

Keppas

Pegagan

Simsim

Klasen

Boang

Batak Pasisir  (Pasisi)

Pungkut

Batak Simalungun

Batak Toba

Batak Humbang

Batak Samosir

Batak Silindung

Batak Melayu Pesisir Timur

Batak Melayu Langkat

Nias  

Lubu

Batak Siladang

Orang Ulu (di Mandailing-Natal)

Riau 

Batak Rokan

Bonai

Sumatra Barat 

Batak Rao

Batak Pasaman

Mentawai  

Bengkulu

Enggano

Selain suku-suku di atas, terdapat satu suku di Filipina yang memakai identitas suku Batak, tapi kemungkinan besar tidak terkait hubungan dengan suku Batak di Sumatra, walaupun terdapat beberapa kosakata yang mirip dengan bahasa Batak yaitu Batak Palawan.

Sumber:NETRALNEWS

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *