Berjemur di Tepi Pantai Pulau Sibandang

JAKARTA РPulau Sibandang merupakan pulau terbesar kedua di Danau Toba setelah Pulau Samosir, letaknya berada di kecamatan Muara, kawasan Kabupaten Tapanuli Utara. Pulau ini dikenal juga sebagai Pulau Mangga karena pulau ini merupakan sentra penghasil buah mangga dari Tapanuli Utara. Untuk mencapai pulau ini Anda bisa memilih dari 3 jalur yang ada menuju Pulau ini, yaitu dari Pelabuhan Muara atau dari Pelabuhan Balige, atau dari Pelabuhan Nainggolan dengan naik kapal boat. Perjalanan yang ditempuh untuk mencapai Pulau Sibandang dari Kota Balige sekitar dua jam. Namun dari Pelabuhan Muara cukup sepuluh menit saja untuk sampai ke Pulau Sibandang dengan naik kapal boat.

Pulau ini dihuni sekitar 800 kepala keluarga yang terdiri dari empat marga besar yaitu marga Oppusunggu, marga Simare-mare, marga Siregar dan marga Rajagukguk. Jadi suasana disini terasa tenang dan jauh dari hiruk pikuk keramaian.

Jika Anda datang ke Pulau ini pada saat musim mangga maka Anda akan bisa merasakan mangga yang manis dari Pulau ini. Hampir keseluruhan bagian pulau ini ditanami pohon mangga oleh penduduknya, karena hasil buah mangga ini menjadi produk unggulan dari Pulau ini dengan rasanya yang manis. Hasil buah mangga ini dijual ke kota lain, termasuk jika Anda beli mangga di kota Parapat kemungkinan besar berasal dari Pulau ini.

Selain menikmati buah mangga yang manis wisatawan yang datang ke pulau ini akan dimanjakan pemandangan alam yang sangat mempesona. Bibir pantai sekeliling pulau ini terbentuk dari batuan yang tersusun secara alami. Jika dipandang dari Hutaginjang yang letaknya berada di ketinggian di Muara, maka Pulau Sibandang terlihat bak seekor ikan mas yang lagi berenang di tengah Danau Toba.

Deburan ombak air Danau Toba yang menghantam pantai batu serasa memecahkan kesunyian saat Anda berada di pantainya. Kegiatan yang menarik disini salah satunya adalah memancing ikan, karena banyak jenis ikan seperti ikan jahir, ikan pora-pora dan lainnya yang bisa ditangkap dengan pancing. Ikan tersebut menjadi mata pencaharian penduduk pulau Sibandang juga.

Untuk menjelajahi Pulau Sibandang kepada wisatawan dianjurkan saat pagi hari yang cerah.  Akan sangat menarik bagi Anda jika datang kepulau Sibandang ini dengan berwisata Panen buah Mangga pada musimnya, sambil menikmati pemandangan alam Pulau Sibandang yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk keramaian.

Berjemur di tepi pantai atau danau adalah hal yang sudah biasa dilakukan turis mancanegara maupun lokal. Tapi jika berjemur diatas kapal sembari menikmati panorama berkeliling Pulau Sibandang adalah hal luar biasa. Satu lagi potensi wisata yang patut dikembangkan di wilayah Danau Toba. Team gobatak sudah melakukan hal ini saat your di seputar wilayah Muara, Bakara dan Pulau Sibandang bersama Yetty Aritonang (Paris) dan Novel Simbolon (Libya).

Pulau Sibandang yang berada di ketinggian lebih kurang 1173 meter dari atas permukaan laut dapat di akses dari Kota Muara, Balige dan Huta Nainggolan Pulau Samosir dengan menggunakan kapal motor. Pulau ini juga terkenal sebagai penghasil buah mangga yang enak dan manis rasanya. Untuk menjelajahi Pulau Sibandang sangat disarankan pada pagi hari yang cerah, misalnya setiap hari kamis. Hari kami Kamis berketepatan Onan (pasar tradisional) di Muara Nauli. Banyak kegiatan jual beli disini menyuguhkan makanan ringan seperti mie gomak. Sangat pas saat anda selesai mengelilingi Pulau Sibandang menikmati sarapan pagi di Muara saat Onan.

Lebih kurang 1 jam untuk mengelilingi Pulau Sibandang dengan menggunakan kapal motor menikmati panorama serta melihat aktifitas masyarakat disana. Sambil berjemur diatas atap kapal motor KM. Mario yang direkomendasi salah satu Parhobas gobatak.com, kampung Kemp Aritonang. Sungguh indah pemandangan, dimana pulau ini hampir seluruhnya subur ditumbuhi pohon mangga yang terkenal itu.

Jadi tunggu apalagi, datanglah ke Huta Pulau Sibandang nikmati panorama alam yang tidak kalah indahnya dari tempat wisata lainnya. Berjemur di pagi hari diatas kapal motor mengintari Pulau Sibandang serasa surga bagi turis, menghirup udara yang segar dan suhu yang sejuk di pagi hari melengkapi liburan di Pulau Sibandang.

Sumber:NETRALNEWS

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *