Danau Toba, Ikon Wisata Sumatera Utara yang Mendunia

Silangit – Menyebut Sumatera Utara, pasti akan teringat Danau Toba. Pesona Toba yang adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara memang sudah mendunia.

Sejarah menuliskan akan kedahsyatan letusan Gunung Toba yang telah meluluhlantakkan dunia puluhan ribu tahun silam. Dari bencana itu, lahirlah Danau Toba di Sumatera Utara yang kecantikannya sudah tidak perlu ditanyakan.

Di kalangan masyarakat Batak sendiri, Danau Toba ibaratnya inang atau ibu yang akan selalu menanti dengan keindahannya. Tapi tidak hanya masyarakat Batak, siapa pun yang menyaksikan wajah Danau Toba secara langsung pun akan dibuat kagum oleh pesonanya. Bahkan tidak sedikit yang menyebut Danau Toba sebagai laut karena begitu luas.

Dengan luas 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, tidak heran jika Toba menjadi danau terbesar di Indonesia hingga Asia Tenggara. Predikat itu pun semakin dipercantik dengan Pulau Samosir yang berada di tengahnya.

Danau Toba dari Panatapan Huta Ginjang (Afif/detikTravel)
Danau Toba dari Panatapan Huta Ginjang (Afif/d’Traveler)

Tapi tidak hanya bisa melihat keindahan Toba, traveler juga bisa melihat makam-makam di perbukitan dan di pinggir danau. Salah satunya, ada makam Raja Sianipar yang berlatar belakang Bukit Dolok Tolong.

Makam-makam di sini, juga sering dihiasi dengan rumah khas Batak. Bahkan, ada pemakaman marga Siahaan yang konon biayanya Rp 2 miliar.

Selain itu traveler juga bisa berkunjung ke sejumlah spot strategis untuk melihat Danau Toba. Salah satunya adalah di Panatapan Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara.

Apabila ingin lebih, traveler juga bisa naik perahu dan menjelajahi Pulau Samosir dari Pelabuhan Ajibata atau Tigarasa. Cukup 30 menitan saja naik kapal atau ferry ke Samosir.Panatapan Huta Ginjang sebenarnya bisa dibilang seperti bukit. Ketinggiannya mencapai 100 mdpl, dengan posisi menghadap Danau Toba. Dari sini, wisatawan akan disuguhkan oleh panorama danau terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Cantik!

Boneka Sigale-gale yang menjadi bagian tradisi masyarakat Batak (Fitraya/detikTravel)
Boneka Sigale-gale yang menjadi bagian tradisi masyarakat Batak (Fitraya/d’Traveler)

Akses menuju Danau Toba pun semakin mudah dengan dibukanya Bandara Silangit pada Maret 2016 lalu. Dari Silangit, traveler sudah dapat melihat indahnya Danau Toba.

Bagi traveler yang belum pernah berkunjung ke Danau Toba, sempatkanlah waktu untuk melihatnya langsung. Anda dijamin tidak akan kecewa. Ayo liburan ke Danau Toba! (rdy/krn)

Sumber:Detik

cometoliketoba.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *