BPIW : Akses Jalan Menuju Bandara Sibisa Dibangun Tahun 2017

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus gencar mempersiapkan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur di daerah. Salah satu daerah yang sedang dipersiapkan pembangunannya adalah Kawasan Wisata Danau Toba khususnya akses jalan menuju Bandara Sibisa. Rencananya pembangunan akses tersebut dimulai pada tahun 2017.

Pembangunan tersebut dilakukan untuk memacu pengembangan kawasan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara. Bandara Sibisa terletak di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara dan terletak 10 kilometer dari Kota Parapat, Danau Toba.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR Rido Matari Ichwan saat mengunjungi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. Turut serta dalam kunjungan tersebut, yakni Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis BPIW Rezeki Peranginangin beserta jajaran pejabat BPIW lainnya.

Mengutip laman dari pu.go.id, Selasa, (18/10), Rido mengatakan bahwa saat ini masih dalam tahap tracejalan dan pembebasan lahan, selain itu masih dilakukan penyusunan Detail Engineering Design (DED).

Rido menerangkan bahwa tujuan kunjungannya kali ini adalah untuk menjaring masukan terkait dukungan infrastruktur PUPR terhadap Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Sebelumnya Rido menyempatkan diri meninjau kondisi eksisting infrastruktur PUPR di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Pasalnya, Kecamatan Muara merupakan salah satu kawasan terpilih dari pengembangan destinasi wisata Danau Toba. Dalam kunjungan ini, rombongan BPIW disambut Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan beserta jajarannya.

Kemudian, rombongan melihat kondisi eksisting di Balige. Karena di lokasi tersebut akan dilakukan penataan kawasan dengan merencanakan jalan bypass yang menghubungkan antara jalan nasional dan jalan kabupaten sepanjang 10,1 kilometer.

Selanjutnya ke Kecamatan Simanindo, Kecamatan Ambarita, Kecamatan Pangururan  di Kabupaten Samosir.  Rido dan jajaran pimpinan BPIW lainnya disambut Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dan beberapa jajaran pemerintah kabupaten setempat. Di Kecamatan Ambarita akan dilakukan revitalisasi Pelabuhan Ambarita dengan menambahkan pembangunan dermaga yang diharapkan dapat mengurai kepadatan pelabuhan Tomok.

Rido mengatakan kunjungannya kali diharapkan dapat melihat langsung kawasan sekitar KSPN Danau Toba, dan menjaring pendapat kepala daerah serta masyarakat terkait perkembangan dan rencana dukungan infrastruktur PUPR ke depannya.

Sumber:beritadaerah

cometoliketoba.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *