Kelola Pariwisata, Indonesia Coba Belajar Aliansi Dari Tiongkok

Indonesia terkesan dengan adanya aliansi sembilan provinsi di sepanjang tembok besar Tiongkok yang bersinergi mempromosikan wisata. Presiden Joko Widodo pun memerintahkan jajarannya untuk mempelajari manajemen pariwisata di sana agar dapat diterapkan di Indonesia.

“Pekan lalu, atas perintah Presiden, kami bersama Menteri Pariwisata, tujuh bupati sepanjang Danau Toba, dan Gubernur Sumatera Utara pergi ke Hangzhou. Kami diperintahkan untuk mempelajari manajemen pariwisata,” ujar Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, Vinsensius Djemadu, Rabu 19 Oktober 2016.

Dia mengakui, Indonesia harus belajar banyak dari Tiongkok dalam mengelola pariwisata. Kunjungan promosi sembilan provinsi dari Tiongkok ke Indonesia juga akan meningkatkan hubungan antara masyarakat kedua negara.

“Teman-teman industri pariwisata di Indonesia dapat melihat betapa luar biasanya 9 provinsi ini membuat aliansi. Indonesia bisa membuat aliansi seperti itu, seperti aliansi Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan lain-lain. Mereka (Tiongkok) telah memberi inspirasi bagi Indonesia,” ucapnya.

Dari hasil studi ke Tiongkok, kata Vinsensius, Indonesia akan menerapkan aliansi serupa di kawasan objek wisata Danau Toba. Selama ini, danau air tawar terbesar di dunia itu dipromosikan secara parsial oleh tujuh kabupaten yang berada di kawasan tersebut.
“Selama ini jalan sendiri-sendiri. Kami akan mengembangkan wisata dengan meniru apa yang ada di Tiongkok dan yang akan digarap adalah Danau Toba,” tutur Vinsensius.

Seriusnya penggarapan aliansi kawasan Danau Toba sekaligus menegaskan potensi pariwisata Indonesia yang tidak kalah dari Tiongkok. Dia menyatakan, Indonesia bukan hanya Bali meski sekitar 80 persen turis Tiongkok berkunjung ke Bali.

“Sama seperti orang Indonesia yang pergi ke Tiongkok yang tidak hanya mengunjungi Tembok Besar, juga (mengunjungi) warisan dunia lainnya. Begitu pun di Indonesia, masih banyak destinasi wisata yang menarik selain Bali. Kalau Tiongkok punya tembok besar, Indonesia punya Borobudur. Sama-sama satu-satunya di dunia. Bahkan, Indonesia punya Pulau Komodo,” ujar Vinsensius.

cometoliketoba.com

Post Author: Come To Lake Toba

You know my name but not my story

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *