Terminal Bandara Silangit Ditargetkan Rampung Sebelum Natal

TARUTUNG – Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandar Udara (Bandara) Silangit, Tapanuli Utara (Taput) menargetkan pembangunan terminal bandara yang berlangsung dapat beroperasi secara maksimal saat Natal dan tahun baru tahun ini. Hal ini mengingat pada saat itu peminat penerbangan ke kawasan Danau Toba sudah semakin meningkat.

Kepala Bandara Silangit Hotasi Manalu mengatakan, bahwa pembangunan tahap pertama Bandara Silangit dengan pengerjaan awal pembangunan terminal kedatangan dan keberangkatan serta pembenahan interior ruangan dan penyediaan sarana dan prasarana pendukung sudah berjalan sesuai dengan agenda pengerjaan.

“Untuk tahap pertama itu sudah termasuk penyediaan ruangan operasional masing-masing maskapai. Dan kita mengharapkan ini selesai sebelum Natal. Namun untuk pembenahan lanjutan nantinya kita proyeksikan selesai Maret tahun depan,” paparnya.

Dia menambahkan saat ini pembangunan gedung sendiri sudah memasuk berbagai tahapan. Dari 500 meter menjadi 1000 meter, dengan target terminal harus mampu menampung lonjakan penumpang yang diperkirakan mencapai rata-rata 250 orang per hari. “Karena saat ini sudah melayani beragam penerbangan. Peminat bandara Silangit memang sudah tergolong tinggi,” sambung dia

Lebih lanjut dia menerangkan pihak Bandara Silangit saat ini rata-rata melayani 220 penumpang per hari dengan rincian sekitar 110 orang untuk keberangkatan dan 110 orang untuk kedatangan. Angkat tersebut akan meningkat pada hari-hari tertentu khususnya saat adanya penerbangan untuk empat maskapai yang sudah masuk ke Silangit.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Samosir Ombang Siboro mengatakan bahwa saat ini Bandara Silangit yang melayani penerbangan rute dari dan menuju Jakarta sangat berdampak positif pada pariwisata Samosir. Bahkan menurut dia jumlah penerbangan yang mengalami peningkatan yang sangat sinifikan saat liburan lebaran tahun ini menjadi jembatan peningkatan kedatangan wisata ke Samosir.

“Secara khusus kita dari pengelola pariwisata Samosir yang paling di untungkan. Kita berharap sejumlah maskapai membuka rute menuju Silangit,” terangnya.

Sumber:sindonews

cometoliketoba.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *