Senandung Simalungun di Pulau Samosir pada 22 Oktober

MEDAN – Ingin kembangkan potensi budaya dan tradisi, para pelaku seni dan penyanyi Simalungun akan menggelar Senandung Simalungun di Samosir.

Acara ini diinisiasi oleh Putra Simalungun yang juga pengusaha di bidang destinasi wisata, Maruli Damanik.

Maruli menjelaskan, Senandung Simalungun digelar untuk menciptakan ruang seni Simalungun di tengah menurunnya popularitas tradisi Simalungun.

“Kita mau menciptakan ruang, mudah-mudahan hal kecil ini memiliki efek besar, dan banyak orang akan melihat Simalungun. Ini akan melepaskan kerinduan masyarakat terhadap seni Simalungun,” sebut Maruli Damanik di kediamannya Kompleks Debang Jalan Flamboyan Medan, Selasa (11/10/2016).

Acara akan berlangsung di Rogate Beach Ambarita pada Sabtu 22 Oktober mendatang. Maruli menyebutkan bagi para politisi maupun pejabat daerah yang hadir tak akan diberikan perlakuan istimewa.

“Tidak ada acara seremonial, dan kepentingan politik. Kalau politisi mau datang harus duduk sebagai rakyat. Seniman simalungun akan memainkan alat musik tradisional seperti sarunei dan seruling Simalungun,” sambungnya.

Tak kalah penting penyanyi populer Simalungun seperti John Eliaman Saragih, Dodi Purba, Supra Purba Tambak, Jhon Efendi Purba, dan penyanyi Simalungun lainnya akan ikut memeriahkanSenandung Simalungun.

“Artis Simalungun akan ikut menyumbangkan suaranya. Selain itu akan ada fashion show dengan memamerkan Gotong dan Bulang Simalungun. Apa makna dan bagaimana pemakaiannya,” jelas Maruli.

Pemilihan Samosir bukan tanpa alasan. Menurutnya Samosir merupakan pasar penikmat musik tradisi.

“Pasar penikmat musik paling besar di Samosir, setelah lulus di Samosir pelaku seni akan percaya diri tampil di berbagai kota di Indonesia. Saya punya cita-cita nanti Senandung Simalungun bisa tampil dari Sabang sampai Marauke. Serta nantinya akan ada top hits Simalungun seperti lagu Sitalasari atau Deideng,” tandasnya.

(cr2/tribun-medan.com)

cometoliketoba.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *