Promosi Danau Toba Belum Genjot Wisatawan Mancanegara

MEDAN,– Krisis global berdampak pada menurunya kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2016. Badan Statistik Sumut mendata tahun ini kunjungan wisatawan turun atau tinggal 135.938 orang hingga Agustus lalu.

Solahuddin Nasution mengatakan kalaupun ada peningkatan, diperkirakan baru terjadi mulai tahun 2017. Sesuai data BPS, penurunan kunjungan wisman tahun ini 11,89 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebanyak 154.287 orang.

Solahuddin pun menambahkan promosi Danau Toba yang sedang gencar dilakukan pemerintah pusat, Pemprov Sumut, dan kabupaten sekitar danau tersebut baru akan dirasakan manfaatnya beberapa tahun ke depannya.

“Masih perlu kerja keras mendorong kunjungan wisman ke Sumut,” katanya menyebutkan dampak negatif krisis global masih dirasakan hingga tahun ini.

Dia menegaskan, sepanjang pemerintah masih komitmen memajukan kepariwisataan, antara lain dengan meningkatkan infrastruktur khususnya jalan dan akses menuju objek wisata, maka kunjungan wisman Sumut diyakini bergerak pulih kembali atau minimal seperti di era tahun 1990-an. Pada era itu, kunjungan wisman Sumut bisa mencapai 500 ribuan orang.

Kabid Statistik Produksi BPS Sumut, Bismark SP Sitinjak, mengatakan, hingga Agustus hampir semua negara mengalami penurunan kedatangan ke Sumut. Hanya dari Tiongkok, Inggris, dan Amerika Serikat yang mengalami kenaikan. Adapun persentase penurunan kedatangan terbesar berasal dari negara Malaysia yakni sebesar 19,59 persen.(wol/aa/wsp/data1)

cometoliketoba.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *