Kalau Anda Datang ke Danau Toba Jangan Lupa Cemilan Ini

JAKARTA – Ada hal menarik ketika menjejakkan kaki di Tapanuli Utara. Bukan hanya pesona keindahan Danau Toba. Melainkan Anda wajib mencicipi kelezatan makanan khas daerah tersebut yakni Ombus-Ombus.

Sekilas, camilan ini mirip seperti kue pisang yang banyak dijual di Jakarta. Sama-sama dibalut oleh daun pisang dan nikmat disantap kala panas. Warna dan bentuknya pun sama. Memiliki daging berwarna putih kenyal.

Namun yang menjadi pembeda adalah isi di dalamnya. Isinya pun terbagi menjadi dua varian. Varian merah yang berarti gula merah dan varian putih yang berarti isi di dalamnya kelapa muda parut yang telah dibubuhkan gula.

Ombus-ombus merupakan makanan khas Batak. Makanan ini selalu dijumpai pada acara adat, terutama untuk peletakan batu pertama masuk rumah baru. Tetapi banyak juga dijual diwarung-warung maupun dijajakan di daerah Tapanuli, bisa juga dijumpai di Medan di daerah-daerah tertentu.

Disarankan, makan camilan yang berbahan dasar tepung beras ini saat pagi hari sambil menyeruput segelas kopi hitam panas. Dijamin suasana dingin di Tapanuli Utara seketika menjadi hangat.

cometoliketoba.com

Post Author: Come To Lake Toba

You know my name but not my story

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *