Makanan Khas Dari Daerah Tapanuli Selatan

Tapanuli Selatan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Sumatera Utara, dan Sipirok adalah nama ibukota dari kabupaten ini. Awalnya Tapanuli Selatan beribukota di Padang Sidempuan, akan tetapi setelah pemekaran dan banyak daerah yang telah terpisah dari Tapanuli Selatan, maka kini sudah pindah ke Sipirok. Selain obyek wisatanya yang cukup sejuk, Tapanuli Selatan juga memiliki santapan khas daerah yang sangat lezat dilahap.

Holat

makanankhastapanuliselatan
Holat adalah makanan turun temurun yang diracik oleh suku Mandailing. Jenis kuliner yang terdiri dari ikan mas bakar yang disiram kuah serutan kayu balaka , tentu hanya bisa dinikmati dari rumah makan khusus penyedia hidangan ini. Apalagi jika cabai hijau yang dikombinasikan dengan kecap asin yang terdampar disekitar menu, menjadikan lidah kita pasti langsung ketagihan ingin mencoba lagi menu ini suatu waktu.

Ikan Sale Gulai

ikan-sale

Menu yang selalu tersedia di restoran atau rumah makan berbasis Sumatera Utara. Ikan sale gulai adalah makanan olahan khas milik Padang Sidempuan. suatu daerah kecil namun berbagai kulinernya sangat terkenal oleh banyak warga sumatera utara. Seperti apa yang diutarakan Hj. Salmah, kasir RM Padang Sidempuan Sei Belutu, gulai ikan sale adalah menu yang paling banyak disukai pelanggan restoran Sumatera Utara karena rasanya yang khas dan harganya terjangkau. Sambal Tuk tuk.

Bumbu

bumbu-masakan

lidah terbaik se Tapanuli yang juga berasal dari Sidempuan . Sambal penyedap khas Batak Toba yang rasanya mengandung cita rasa nusantara yang tak kalah dengan berbagai jenis sambal daerah se-indonesia lainnya. Sambal yang berbahan dasar ikan aso aso ini memiliki varian rasa yang unik dan takkan terlupakan. Pedasnya sambal tuk tuk bikin anda nambah lahap. Sambal tuk tuk cocok disandingkan dengan lauk pauk tipe apapun. Anda bisa mencicipi sambal ini bersama dengan hidangan sederhana seperti : tempe, tahu, telur, dan sejenisnya. Sambal khas racikan sidempuan ini juga akan semakin meriah di lidah jika dipasangkan dengan lauk pauk bergizi berat seperti : lele, ikan mas , lalapan, cumi -cumi dan sejenisnya.

/idtoba

cometoliketoba.com

Post Author: Come To Lake Toba

You know my name but not my story

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *