Pesta Rondang Bintang Digelar di Tepi Danau Toba

PARAPAT – Pemerintah Kabupaten Simalungun mengelar Pesta Rondang Bintang ke 31 di tepi Danau Toba, tepatnya di Pantai Bebas Parapat, Rabu (28/9/2016)

Pesta Rondang Bintang ini merupakan acara tahunan yang digelar oleh pemerintah Kabupaten Simalungun sebagai ucapan syukur atas panen.

Ratusan warga Kabupaten Simalungun datang menghadiri acara yang akan digelar dalam dua hari dengan berbagai kegiatan.

Saat pembukaan acara, para anak muda juga melakukan tarian Haruan Bolon (tarian menanam padi) di depan para masyarakat yang hadir.

Bupati Simalungun JR Saragih saat berbincang dengan wartawan menyampaikan bahwa acara Rondang Bintang merupakan kegiatan untuk bersosialisasi bagi anak muda.

“Acara seperti ini dilakukan pada saat terang bulan. Nah, dulu itu para warga berkumpul bersama saat panen. Mereka bersama menumbuk padi,” ujarnya.

“Seraya menumbuk padi ini, nah para anak muda nanti akan bersosialisasi. Saling mengenal dan acara ini juga kerap dijadikan sebagai acara mencari jodoh,” tambahnya.

Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Johalim Purba menyampaikan bahwa budaya Rondang Bintang ini adalah budaya yang harus dikenalkan kepada masyarakat Simalungun terkhusus anak mudanya.

“Anak muda harus melestarikan ini. Jangan sampai hilang,” sebutnya.

 

(ryd/tribun-medan.com)

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *