7 Tempat Wisata Menarik di Sumut Selain Danau Toba

Kalau kamu berlibur ke Sumatera Utara, bisa dipastikan deh yang ada di benak kamu mengunjungi Danau Toba. Apalagi, sekarang ini danau terbesar hasil letusan gunung berapi itu dikenal sebagai “Bali Baru” yang masuk 10 destinasi wisata prioritas.

Tapi, di sana nggak cuma Danau Toba saja lho yang menawarkan pemandangan eksotis. Masih banyak tempat wisata yang nggak kalah keren. “Khususnya di Kabupaten Tapanuli Utara, banyak sekali tempat wisata yang menarik dikunjungi. Pastinya Sumatera Utara bukan hanya Toba. Satu persatu sedang kita eksplor agar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan,” ujar Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan beberapa waktu lalu.

Apa saja sih tempat-tempat eksotis itu? Nah, berikut tempat wisata di Tapanuli Utara yang sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber:

1. Muara Nauli

Tempat yang terletak di tepi Danau Toba ini menawarkan keindahan yang menawan. Daerah yang disebut sebagai gudangnya jenderal dari Tanah Batak ini juga sangat dekat dengan Bandara Silangit. Di sini juga terdapat hotel berbintang dan villa panatapan untuk menikmati luasnya Danau Toba.

2. Kawah Sipoholon

Di sini terdapat sumber air panas yang dikenal sebagai pemandian air panas Sipoholon yang suhunya mencapai 70 derajat Celcius. Letaknya tak jauh dari Kota Tarutung. Daerah ini berada di daerah perbukitan kapur. Air panas Sipoholon ini mengandung soda dan sulfur belerang yang dipercaya masyarakat setempat dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

3. Huta Ginjang

Sama seperti Muara Nauli, tempat ini merupakan daerah penatapan untuk melihat keindahan Danau Toba. Daerah ini didominasi tumbuhan pinus jenis Merkusi. Beragam fauna juga dapat ditemui di wilayah ini seperti monyet, babi hutan, ayam hutan, berbagai jenis burung seperti belibis, elang, kutilang.

4. Gua Natumandi

Objek wisata alam ini terletak didesa Hutabarat Partali Kecamatan Tarutung. Letaknya tepat di pinggiran aliran sungai Natumandi yang dahulu kala merupakan salah satu sungai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari warga desa. Pemandangan di luar gua sangat indah. Sementara di bagian alam dipenuhi stalaktit dan stalagmite dengan keindahan yang memukau.

5. Pemandian Air Soda

Tempat ini adalah satu-satunya pemandian air soda di Indonesia. Hanya ada dua pemandian air soda di dunia, yakni di Tarutung dan Venezuela. Pemandian yang biasa disebut Aek rara ini sudah dikelola dan dikembangkan sejak tahun 1976 menjadi objek wisata.

6. Sopo Partungkoan

Sopo Partungkoan secara harfiah berarti rumah pertemuan. Tempat ini menawarkan objek wisata bersejarah. Daya tarik rumah berornamen seni Batak gorga ini tidak terlepas dari keberadaan sumur di depan Sopo Partungkoan yang konon digunakan sebagai permandian Raja Sisingamangaraja XII.

7. Pulau Sibandang

Selain Pulau Samosir yang sudah terkenal, Danau Toba juga masih memiliki sejumlah pulau kecil di dalamnya, salah satunya Pulau Sibandang yang dikenal sebagai sentra penghasil buah mangga dari Tapanuli Utara. Pulau yang berada di ketinggian 1.173 meter di atas permukaan laut ini tak kalah indahnya dengan Pulau Samosir.(brilio/ags/rth)

COMETOLIKETOBA.COM

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *