Luhut Panjaitan Ingin Sulap Danau Toba Seperti Nusa Dua Bali

Jakarta – Danau Toba telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata baru. Destinasi ini pun mendapat perhatian khusus untuk dikembangkan.

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menuturkan bahwa pihaknya ingin membuat Danau Toba menjadi seperti Nusa Dua di Bali, banyak resort dan convention centre.

“Pengembangannya (Danau Toba) sama kayak Nusa Dua. Ada resort, convention centre. Jadi nggak cuman Bali saja, orang punya acara besar bisa pindah ke Toba,” kata Luhut saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Namun saat ini pembangunan fasilitas-fasilitas di Danau Toba masih terganjal persoalan lahan. “Tadi kita bicarakan masalah tanahnya, apa pemindahan statusnya. Investornya yang desak kita, kapan kita bisa mulai,” Luhut menjelaskan.

Dia menambahkan, ada 6 investor dari dalam negeri yang sudah siap menanamkan modal untuk pengembangan kawasan wisata Danau Toba. “Ada orang-orang kaya Indonesia enam orang,” ucapnya.

Pemerintah kini sedang menyusun langkah-langkah tahapan untuk pengembangan Danau Toba. “Ini lagi cari time tablenya nih. Masalah legalisasi tanah dan semuanya,” tutupnya. (krn/krn)

/Kompas

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *