Empat Lokasi Wajib Anda Kunjungi Sebelum Menuju Pusuk Buhit

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Gunung Pusuk Buhit yang terletak di area Pulau Samosir, Sumatera Utara, jadi salah satu objek wisata yang sangat baik bagi Anda ketika berkunjung ke Toba. Selain menawarkan pesona visual, Pusuk Buhit juga memiliki nilai sejarah yang membuat gunung ini dianggap keramat. Gunung ini dianggap sebagai asal muasal lahirnya nenek moyang dari masyarakat Batak.

Tentunya di sana juga ada tempat-tempat yang patut Anda kunjungi. Berikut ada 5 lokasi menarik yang wajib Anda kunjungi:

1. Menara Tele

Singgah sejenak untuk menengok pemandangan dari bangunan empat lantai ini. Tidak ada akses praktis disini, Anda harus menaiki anak tangga untuk sampai di atas menara. Dari menara ini tentunya kita disajikan dengan sebuah pemandangan yang luar biasa. Terlihat juga puncak Pusuk Buhit yang menjulang gagah. Menikmati keindahan hamparan Danau Toba dari sini begitu elok dan sangat disayangkan jika Anda melewatinya.

2. Air Mata 7 Rasa

Pemandian Aek Sipitu Dai berada di Kecamatan Sianjur tepat di bawah kaki gunung Pusuk Buhit. Terdapat 7 mata air yang masing-masing dipercaya dapat menyembuhkan suatu penyakit. Biaya untuk masuk ke Aek Sipitu Dai yaitu Rp 2.000/orang. Lebih terlihat seperti air mancur, tetapi juga dapat digunakan untuk mandi. Alangkah baiknya untuk mampir sejenak menyegarkan badan agar semangat untuk melanjutkan kembali perjalan liburan Anda.

3. Ziarah ke Batu Hobon

Jangan tergesa-gesa ketika berkunjung ke Gunung Pusuk Buhit, karena di sana terdapat sebuah batu bersejarah untuk dilewatkan. Mampirlah sejenak untuk berziarah di Batu Hobon. Konon, Batu Hobon ini adalah tempat dimana Raja Uti menyimpan seluruh benda berharga dan pusakanya sebagai kekayaan orang Batak. Batu Hobon masih menyimpan misteri, dan masyarakat Batak sering melakukan upacara ritual di tempat yang bisa dibilang sakral ini. Informasi tambahan dulu pernah ada tiga orang yang ingin membuka paksa Batu Hobon tapi tak satu pun berhasil, bahkan mereka terkena malapetaka.

4. Rumah Parsaktian, Sopo Guru Tetea Bulan

Rumah parsaktian merupakan rumah peribadatan bagi masyarakat Batak. Rumah parsaktian di sini merupakan rumah yang dibangun sebagai penghormatan kepada Guru Tetea Bulan, keturunan pertama Raja Batak. Sopo Guru Tetea Bulan sendiri berarti Rumah Sopo Guru Tetea Bulan. Terdapat patung-patung dari para keturunan dari Siraja Batak. Di sini kita juga dapat belajar sejarah dan silsilah dari terbentuknya suku Batak.

Di puncak Gunung Pusuk Buhit ini, kita akan disuguhi megahnya keindahan alam di Samosir. Pemandangan Danau Toba yang terbentang luas akan terlihat menakjubkan dari sini. Kita dapat merasakan kepuasan luar biasa di puncak Pusuk Buhit, dan seketika semua rasa kelelahan akibat perjalanan terbayar sudah.

Objek wisata Pusuk Buhit merupakan destinasi yang sayang untuk Anda lewatkan ketika berkunjung di Danau Toba. Maka, jangan lupa abasikan momen-momen indah yang Anda temui.

/Netral

cometoliketoba.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *