Target Presiden Jokowi Percantik Danau Toba

SEBAGAI salah satu kawasan yang masuk dalam program “10 Destinasi Bali Baru” milik Kemenpar, pembangunan infrastruktur Danau Toba kini makin digenjot pemerintah Indonesia.

Presiden Joko Widodo belum lama ini telah menetapkan Badan Otorita Pariwisata Danau Toba untuk melakukan percepatan pembangunan Toba dengan acuan pada Tiga A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas), merestorasi lingkungan Danau Toba, melakukan pengembangan pemasaran pariwisata, serta pengembangan SDM dan industri pariwisata.

“Badan Otorita Pariwisata Danau Toba berusaha menarik investor untuk menanamkan modalnya ke Toba. Kita proyeksikan investasi akan masuk sebesar Rp20,06 triliun, sebesar Rp8,7 triliun di antaranya merupakan investasi swasta (PMA dan PMDN),” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, dikutip dari akun Facebook resmi Kemenpar, Rabu (7/9/2016).

Selain itu, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan, untuk mendukung program percepatan pengembangan destinasi prioritas Danau Toba, pembangunan infrastruktur terus ditingkatkan antara lain persiapan jalan tol dari Kota Pematangsiantar hingga kawasan Danau Toba di Parapat yang dimulai tahun depan.

“Akses penerbangan juga akan ditingkatkan. Seperti saat ini, untuk menuju Toba sekarang semakin mudah. Sudah ada penerbangan langsung dari Jakarta – Silangit, maupun Batam – Silangit,” kata Gubernur Erry Nuradi.

Erry Nuradi menambahkan, selain percepatan pembangunan amenitas dan infrastruktur yang menjadi fokus perhatian Badan Pelaksana Otorita Danau Toba adalah meningkatkan kualitas lingkungan hidup (LH) di sekitar kawasan Danau Toba. Caranya dengan melakukan restorasi lingkungan terutama untuk mengatasi sejumlah persoalan seperti isu limbah, hutan, dan karamba.

“Saat ini ada sebanyak 157 ribu hektare lahan krisis atau 21 persen dari luas daerah tangkapan air yang harus kita restorasi dengan penanaman pohon sehingga mencapai 100 ribu hektar lahan hingga tahun 2019 mendatang,” tutupnya.

/okezone

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *