Panitia FDT 2016 Sediakan Makanan Halal

Pemprov Sumut mengucurkan anggaran senilai Rp 1,4 miliar demi menyelenggarakan Festival Danau Toba 2016 di Kabupaten Tapanuli Utara.

Miliaran anggaran tersebut akan dialokasikan untuk sejumlah kebutuhan. Beberapa di antaranya adalah untuk menggelar Host Dinner, Geopark Heroes, Lomba Food and Fashion, Karnaval Ulos, Lomba Grup Vokal, Seminar dan sejumlah pameran. Selain itu, dana tersebut juga digunkan untuk keperluan promosi dan persiapan lainnya jelang festival.

Demikian yang disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Elisa Marbun, saat menggelar temu wartawan di Hotel Darussalam, Rabu (7/9).

“Kalau Pemprov Sumut, kita sediakan Rp 1,4 miliar,” ujar Elisa.

Elisa mengatakan, Pemprov Sumut tidak sendiri dalam mendanai acara tersebut. Kementerian Pariwisata dan Pemkab Tapanuli Utara, selaku tuan rumah, juga berpartisipasi.

Kementerian Pariwisata akan menyelenggarakan berbagai lomba pada fesitival tersebut.

“Dana paling besar tentu dari kementerian,” ujarnya.

Kabupaten Tapanuli Utara merupakan tuan rumah penyelenggara Festival Danau Toba 2016. Festival tersebut akan digelar pada 9 hingga 12 September2016 mendatang. Lokasi acara tersebut akan dipusatkan di Kecamatan Muara.

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, menuturkan bahwa perbaikan infrastruktur jalan menuju Kecamatan Muara telah rampung 98 persen. Selain infrastruktur jalan, Nikson juga mengatakan bahwa persoalan transportasi sudah rampung 99 persen.

“Sampai saat ini perbaikan jalan sudah 98 persen, kita harap nanti pada hari H sudah rampung semua,” ujar Nikson.

Terkait persiapan kelancaran lalu lintas dan keamanan acara, Nikson mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian daerah Sumut dan kepolisian setempat. Selain itu, TNI juga akan dilibatkan dalam membantu pengamanan acara nantinya.

Kata Nikson, puluhan ribu masyarakat Tapanuli Utara saat ini sudah siap untuk menyukseskan pergelaran acara tersebut. Bahkan, Nikson mengatakan bahwa ribuan perantau asal Kecamatan Muara telah kembali ke kampungnya demi berpartisipasi menyukseskan acara tersebut.

“Kami berupaya agar acara ini dapat sukses diselenggarakan, kami selaku tuan rumah tentu akan fokus dalam menyukseskan ini,” ujarnya.

Sebanyak 260 unit homestay di Kecamatan Muara juga telah disiapkan untuk menyambut festival tahunan tersebut. Homestay tersebut merupakan rumah masyarakat setempat yang dipilih berdasarkan konstruksi bangunannya.

Selain homestay, Pemkab Tapanuli juga telah mempersiapkan sejumlah hotel untuk menampung para pengunjung. “Jadi kita pilih yang kental dengan rumah adat batak, jadi menarik untuk wisatawan,” ujar Nikson.

Kata Nikson, homestay tersebut dibanderol dengan tarif Rp 50 hingga Rp 100 ribu per malam. Sedangkan tiap unit homestay tersebut berkapasitas enam hingga sepuluh orang. Pemanfaatan rumah masyarakat menjadi homestay merupakan upaya meningkatkan pendapatan masyarakat di Kecamatan Muara.

Lebih lanjut, Nikson mengatakan bahwa pihaknya akan turut mempersiapkan makanan halal demi melayani para pengunjung. Selain itu, terdapat 80 unit stan yang akan menyediakan berbagai cinderamata serta makanan tradisional.

“Kami sudah imbau kepada masyarakat agar memajangkan harga homestay, jadi pengungjung dapat memilih dan warga tidak suka-suka nantinya memberi harga, begitu juga dengan tempat-tempat makan,” ujar Nikson.

16 Ribu Wisatawan
Elisa mengatakan, terkait festival ini, pihaknya menargetkan 16 ribu wisatawan berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Utara.

“Target kita 16 ribu, jadi wisatawan nusantara mencapai 15 ribu orang dan wisatawan mancanegara sebanyak seribu orang,” ujar Elisa.

Sementara itu, Nikson mengatakan bahwa terdapat sejumlah kejutan bagi para pengunjung yang nantinya menghadiri festival tersebut. Selaku tuan rumah, Nikson juga menjanjikan kemeriahan serta suguhan menarik lainnya yang bakal membuat para pengunjung puas.

“Kami simpan dulu beberapa kejutan, jadi tidak semuanya bakal kami publikasikan saat ini,” ujarnya.

/tribunnews

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *