FDT 2016 Siap Sambut Wisatawan Mancanegara

Kementerian Pariwisata mendukung Festival Danau Toba (FDT) 2016 sebagai sarana promosi efektif dalam mengangkat kembali popularitas Danau Toba sebagai destinasi unggulan berkelas dunia berbasis geopatk. Diharapkan acara ini dapat mendatangkan banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

“Danau Toba itu salah satu danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba juga danau terluas di dunia setelah Danau Victoria. Danau Toba adalah salah satu danau terdalam di dunia. Sedangkan Pulau Samosir memiliki 64.000 hektare atau setara luas Singapura,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat jumpa pers di Jakarta, Senin 5 September 2016.

Dengan usaha itu, Menpar merasa yakin Danau Toba pantas menjadi salah satu destinasi wisata berkelas Internasional. Acaranya sendiri akan berlangsung di Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada 9-12 September 2016.

Dikatakan Arief, salah satu standar sebuah destinasi wisata mampu menjadi destinasi bertaraf internasional adalah dengan diadakannya event tahunan yang mampu menyedot wisatawan mancanegara untuk datang.

“Pesertanya juga dari internasional. Jadi kita harus mengundang peserta dari internasional, yang paling mudah itu sport carnival,” katanya. Selain itu, lanjut Arief, untuk mencapai tujuan tersebut, setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan, yakni konservasi, kreativitas dan juga ekonomi.

Baca Lagi:3 Hari Lagi Festival Danau Toba

Sementara itu, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan, dalam FDT 2016 ada beberapa kegiatan yang terbuka untuk umum dan bisa diikuti oleh wisatawan mancanegara. “Event yang terbuka untuk umum itu lomba lintas alam, sepeda dan juga renang,” katanya.

pikiran-rakyat

Menghadapi hal itu. Telah disiapkan hotel-hotel dan homestay untuk para wisatawan tinggal. Selain itu, pihaknya juga sudah mengundang 2.000 an orang batak dari berbagai daerah di Indonesia dimana mereka sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir.

Seperti diketahui, destinasi wisata Danau Toba memiliki keunggulan sejarah sebagai gunung yang mempunyai letusan terdahsyat di dunia atau sebagai supervolcano.

Tercatat pada 75.000 tahun lalu supervolcano Toba menghadirkan kaldera dan menjadi Danau Toba sekarang dengan Pulau Samosir. Selain mempunyai sejarah yang hebat Danau Toba juga memiliki obyek wisata wisata alam dan budaya yang menarik.

Post Author: Come To Lake Toba

1 thought on “FDT 2016 Siap Sambut Wisatawan Mancanegara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *