3 Hari Lagi Festival Danau Toba

BINGUNG bepergian liburan kemana? Sebaiknya tak usah bingung. Pasalnya, ada Festival Danau Toba 2016 siap menghiasi liburan travellers.

Festival Danau Toba (FDT) 2016 berlangsung di Kota Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut) pada 9–12 September 2016.

Penyelenggaraan FDT 2016 sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Danau Toba yang ditetapkan sebagai pengembangan destinasi prioritas dan dijadikan sebagai salah satu ’10 Bali Baru” dalam mendukung target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 270 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan FDT 2016 yang akan menjadi sarana promosi efektif dalam mengangkat kembali popularitas Danau Toba sebagai destinasi unggulan berkelas dunia berbasis geopark serta dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara yang tahun lalu mencapai 11,4 juta (229.228 wisman dan 11,21 juta wisnus) dan sekitar 76.544 wisman dan 858.620 wisnus di antaranya mengunjungi obyek wisata Danau Toba.

“Setelah ditetapkan sebagai destinasi prioritas dan akan menjadi salah satu “10 Bali Baru” pada 2019 kita proyeksi kunjungan wisman ke Toba akan meningkat signfikan mencapai 1 juta wisman,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Dalam mencapai angka 1 juta wisatawan mancanegara, maka Presiden Jokowi melalui Menteri Pariwisata Arief Yahya telah memilih Badan Pariwisata Otorita Danau Toba untuk mempercepat pembangunan Danau Toba.

“Destinasi wisata Danau Toba memiliki keunggulan sejarah sebagai gunung yang mempunyai letusan terdasyat dunia atau sebagai supervolcano. Tercatat pada 75.000 tahun lalu supervolcano Toba menghasilkan kaldera, dan menjadi Danau Toba sekarang dengan Pulau Samosir,” bebernya.

Di sisi lain, diakui Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi selain mempunyai sejarah yang hebat, Danau Toba juga memiliki obyek wisata wisata alam dan budaya yang menarik.

Baca Lagi:FDT 2016 Siap Sambut Wisatawan Mancanegara

Penyelenggaran FDT 2016 akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan berupa atraksi seni budaya dan wisata olahraga (sport tourism) di antaranya pertunjukan opera/tarian kolosal dan aneka lomba antara lain lomba paramotor, lomba lintas Toba, lomba perahu tradisional, lomba renang rakyat lomba kapal hias, lomba fotografi, lomba pemilihan Ucok Butet, serta dimeriahkan oleh pertunjukan musik dengan menampilkan para artis penyanyi ibukota.

Jadi tunggu apalagi? Sudah saatnya memeriahkan Festival Danau Toba 2016.

Okezone

Post Author: Come To Lake Toba

1 thought on “3 Hari Lagi Festival Danau Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *