Cerita Pesona Danau Toba Yang Perlu Kamu Ketahui

Halo guys, sudah pada tau gak cerita mempesona dari Danau Toba? Nah, bersiaplah untuk mendapat informasi menarik dan penting tentang Danau Toba. Let’s goo!!

Danau Toba merupakan danau terbesar kedua di dunia, danau ini terbentuk akibat ledakan gunung Toba sekitar 70.000 tahun silam guys. Konon, sebaran awan panas dari letusan ini tersebar hingga ke benua Eropa loh guys. Pasca letusan tersebut terbentuklah kaldera yang sangat luas kemudia terisi oleh air dan jadi deh Danau Toba.

Kita tinggalkan sejarah terbentuknya danau toba, yuk kita jelajah keindahan Danau Toba lebih dekat, Yuk simak disini!

Sudah tau belum? Sakin gedenya, Danau Toba dikelilingi oleh 7 Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara

lifestyle.sindonewscom
Salah satu desa di Kabupaten Karo, Desa Tongging – Foto via lifestyle.sindonews.com

Beberapa waktu lalu di Danau Toba sempat diadakan kompetisi internasional yaitu Geobike Caldera Toba. Nah, event ini sengaja dibuat untuk mempromosikan Danau Toba dan 7 Kabupaten yang mengelilinginya. Kabupaten yang mengelilingi Danau Toba adalah Kabupaten Samosir, Toba Samosir (Tobasa), Humbang Hasundutan (Humbahas), Tapanuli Utara (Taput), Simalungun, Dairi dan Kabupaten Karo.

Berita uniknya guys, 7 Kabupaten ini memiliki kebudayaan yang mirip salah satunya yaitu suku Batak. Beraneka jenis suku Batak berasal dari 7 Kabupaten ini. Dan mayoritas masyarakat disini menggantungkan hidupnya ke Danau Toba loh guys. Jadi sangat wajar jika orang Sumatera Utara membanggakan Danau ini.

Kalau naik bus ke Danau Toba, Parapat adalah kota yang pertama kamu singgahi di bibir danau

sukayandisuka.wordpresscom
Keindahan Kota Parapat Danau Toba – Foto via sukayandisuka.wordpress.com

Parapat merupakan kota yang tersohor loh guys di Danau Toba, jangan sampai nanti kamu kebingunan waktu kondektur bus bilang “Parapat…Parapat”, itu artinya kamu akan tiba di terminal bus Parapat.

BACA JUGA:  Ternyata, 9 Tempat Wisata Ini Menjadi Trending Topic Di Indonesia

Kalau dari kota Medan, menuju Danau Toba gampang bin gampang kok guys, banyak kendaraan yang menawarkan jasanya menuju tempat wisata ini. Kalau mau menghemat budget, kami saranin supaya kamu naik bus aja, namanya bus Sejahtera. Bus nya warna putih, dan biasanya nge-temp di terminal bus Amplas Medan. Ongkos nya cuma Rp.30.000 an kok guys, kamu dianter sampai ke tujuan.

Nah, perjalanan yang akan kamu tempuh kurang lebih 4 jam saja, dan jangan tidur ya, karena kamu akan disuguhkan keindahan panorama alam sepanjang perjalanan menuju Danau Toba. Oh ya, setiba di terminal Parapat, kamu ga usah turun dulu, karena nanti bus nya akan masuk ke kawasan Danau Toba menuju dermaga penyebrangan. Saran dari kami, kamu turunlah di pertigaan dekat hotel Inna Parapat, supaya lebih mudah nyari penginapan. Hehe.

Pernah dengar Legenda Batu Gantung? Ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba

gosumateracom
Ini dia batu gantung nya… Foto via gosumatera.com

Gak sah rasanya kalau ke Danau Toba tapi belum ngeliat batu gantung guys. Batu gantung yang terlihat seperti menempel di dinding tebing tersebut menurut masyarakat setempat adalah seorang wanita yang patah hati. Cerita yang beredar sudah cukup banyak kok, bahkan waktu SD dulu, cerita ini juga sempat di publikasi. Hehe

Kalau kamu pengen menikmati keindahan Danau Toba dengan menggunakan kapal, kamu akan dibawa mampir kesini kok sama nakhoda nya. Karena lokasi tebing ini berada di pinggiran danau yang gak berpenghuni.

Sedikit cerita tentang kisah batu gantung, jadi pada zaman dahulu ada seorang anak perempuan yang bernama Seruni, Ia dijodohkan oleh orang tuanya kepada lelaki yang tak ia cintai, sementara Seruni telah memiliki pujaan hati. Karena kecewa, Seruni pun berjalan di pinggiran tebing, dan terperosok ke antara dua tebing. Karena sudah putus asa, Seruni pun berniat untuk tidak melanjutkan hidupnya lagi,walau pertolongan dari warga sudah tiba. Seruni pun berkata “Parapat…Parapat” kepada tebing tersebut, dan tebing tersebut menyatu dan menghimpit Seruni, dan jadi deh batu gantung. Demikianlah singat ceritanya.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
Penampakan patung Si Gale – Gale dan 2 orang wisatawan..

Kalau batu gantung tadi ada di pinggiran tebing danau, Legenda Si Gale – Gale ini ada di Pulau Samosir guys. Saat ke Pulau Samosir, jangan Cuma shoping aja ya guys, selain shoping, di Pulau Samosir banyak sekali tempat wisata yang menarik yang harus kamu kunjungi, salah satunya adalah patung Si Gale – Gale.

Patung Si Gale – Gale bukan sekedar patung guys, ada cerita dibalik pembuatan patung ini. begini cerita singkatnya, zaman dahulu ada seorang Raja yang hanya memiliki seorang anak, namanya Manggale, dan Ia sangat mencintai anaknya tersebut. Singkat cerita Manggale gugur dalam pertempuran, dan membuat sang Raja frustasi hingga jatuh sakit. Kemudian tabib kerajaan menginstruksikan agar dibuatkan patung mirip seperti Manggale, untuk mengobati kerinduan sang Raja.

Nah, begitulah cerita singkat dari patung Si Gale – Gale, di Pulau Samosir setiap harinya ada pertunjukan tarian si Gale – Gale yang bisa kamu nikmatin guys, cukup bayar sekitar Rp. 5.000 saja kamu sudah bisa menyaksikan Si Gale – Gale melenggak lenggok. Ohya, saat di Pulau Samosir, akan banyak kamu jumpai patung Si Gale – Gale KW alias palsu, bertanyalah pada masyarakat setempat agar ditunjukkan lokasi patung yang asli ya guys.

Gimana guys? Cerita pesona Danau Toba tadi menarik bukan? Lebih menarik lagi kalau kamu plesiran ke tempat ini. Dijamin gak rugi, Presiden aja main kesini, Kamu kapan???

tempatasik

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *