Legenda di Balik Keindahan Pulau Samosir

Samosir, jadi salah satu pulau ternama di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Samosir jadi tersohor sebab kisah legenda yang tersembunyi di dalamnya.

Menurut sejarah dan kepercayaan masyarakat setempat, pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba merupakn jelmaan dari seorang anak lelaki bernama Samosir.

Samosir dipercayai sebagai anak dari pria pribumi bernama Toba dengan ibunya yang merupakan jelmaan ikan mas yang sangat cantik.

Tapi sayang sang ayah melanggar perjanjian dengan sang ikan Mas dengan mengatakan jika Samosir adalah anak ikan, walhasil sang Ikan Mas murka dan membuat bencana banjir bah hingga menenggelamkan Toba, sehingga dinamailah Danau Toba dan Pulau Samosir.

Meski begitu, secara ilmiah Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis.

Di pulau ini juga terdapat dua danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan “danau di atas danau”.

Dibutuhkan waktu 3 sampai 4 jam mengendarai mobil pribadi dari Kota Medan ke Kawasan Danau Toba.

Dari Medan, kamu bisa naik Taksi menuju terminal bus Amplas. Dari terminal Amplas terdapat trayek bis umum menuju Parapat di Danau Toba. Anda juga bisa langsung menyewa mobil dengan driver langsung dari Bandara Kualanamu menuju Toba. Tarif umum dari Kualanamu ke Toba sebesar Rp.600 ribu dari Bukit Lawang ke Danau Toba sebesar Rp. 1.1 Juta./merahputih.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *