Jokowi di Danau Toba, Naik Feri dan Pakai Baju Adat Batak

Simalungun – Presiden Joko Widodo hari ini akan menyeberangi Danau Toba ke Pulau Samosir menggunakan kapal feri, Ahad, 21 Agustus 2016. Kapal motor Dosroha 01 ini biasa digunakan penduduk untuk menyeberang ke Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba.

Informasi dari Biro Pers Istana menyebutkan Presiden Jokowi dan rombongan, di antaranya Ibu Negara Iriana Jokowi dan para menteri, pagi ini akan berlayar ke Pelabuhan Tomok, Pulau Samosir, Kabupaten Samosir. Di sana, Presiden beserta Ibu Iriana akan meninjau pengembangan potensi wisata di Pulau Samosir.

Setelah itu, Presiden dan rombongan akan kembali ke Parapat. Lalu, siang harinya, Presiden dan Ibu Iriana akan menuju Balige, Kabupaten Toba Samosir, dengan rute jalan darat.

Di Balige, Presiden bakal menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba sebagai rangkaian acara karnaval di Pantai Bebas Toba Parapat tadi malam. Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba ini digelar dalam rangka mempromosikan pariwisata Danau Toba ke seluruh dunia serta memperingati perayaan Hari Ulang Tahun RI ke-71. Rangkaian acara tersebut akan diikuti 26 provinsi, tujuh kabupaten di kawasan Danau Toba serta sub-etnik Batak, dan berbagai komunitas budaya.
Dalam acara karnaval di Balige hari ini, Presiden dan Ibu Iriana direncanakan hadir mengenakan pakaian adat Batak. Karnaval yang akan diikuti ribuan peserta tersebut akan mengambil rute sejauh kurang-lebih 3,5 kilometer yang akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan menarik.

Sejumlah anggota Kabinet Kerja bersama Jokowi direncanakan hadir dalam acara tersebut, di antaranya Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Negara BUMN Rini Soemarno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Tempo

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *