2019, Menpar Targetkan Sejuta Wisman Kunjungi Danau Toba

Jakarta: Kementerian Pariwisata memasang target cukup tinggi jumlah wisawatan mancanegara ke Danau Toba, Sumatera Utara, pada 2019. Terpilihnya Danau Toba sebagai lokasi Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) dalam rangka memperingati HUT ke-71 RI sekaligus menggaungkan lokasi itu sebagai destinasi unggulan yang dikenal dengan istilah 10 Bali Baru.

“Kami proyeksinya adalah satu juta pengunjung di 2019. Pengunjung dengan devisa Rp15 triliun akan mensejahterakan warga Sumut,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2016).

Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba sebagai penanggung jawab menyiapkan 500 hektare lahan yang akan dijadikan zona ekonomi khusus pariwisata. Pengelolaan akan diserahkan kepada pihak swasta, sedangkan pemerintah hanya memfasilitasi.

“Beberapa investor tertarik, salah satunya adalah pembangunan home stay, dan mengadakan sayembara desain arsitektur Nusantara berdasarkan gaya masing-masing destinasi,” ujar Arief.

Pemerintah juga sudah memikirkan akses jalan menuju Danau Toba. Pemerintah berencana membangun ring road menuju Danau Toba dan memperluas Bandara Silangit.

“Potensi Danau Toba sudah bagus, kelasnya sudah kelas dunia. Saya juga gencar masalah akses,” ucap dia.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata akan menghelat perayaan KKPDT dalam rangka peringatan 71 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Karnaval digelar tanggal 20-21 Agustus di dua tempat, yakni Parapat, Kabupaten Simalungun dan Balige, Kabupaten Tobasa.

Presiden Joko Widodo diagendakan hadir dalam acara ini. Pada hari kedua, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo akan mengenakan ulos dan menjadi peserta karnaval yang rencananya dihadiri 20 ribu orang ini.

Sumber:http://news.metrotvnews.com/

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *