Presiden Hadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba

JAKARTA  – Presiden Joko Widodo akan berada selama 3 hari di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (Sumut). Keberadaan Presiden ini terkait dengan diselenggarakannya Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 Indonesia yang akan berlangsung di Balige (Tobasa) dan Parapat (Simalungun) Toba, Sumut, 20-21 Agustus 2016 mendatang.

“Presiden akan 3 hari di Parapat, Sumut, karena beliau konsen dengan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 Indonesia,” kata Ketua panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Vivi Hadiyanto di Jakarta, Rabu (10/08/2016).

Menurut Vivi dipilihnya Danau Toba menjadi lokasi Karnaval Kemerdekaan pada tahun ini dalam rangka menggaungkan Toba sebagai destinasi pariwisata unggulan dan menjadi salah satu  ’10 Bali Baru’.  “Dipilihnya Toba sebagai tgempat karnaval ini karena kawasan ini akan menjadi contoh buat 9 destinasi utama lainnya,” katanya.

Dikatakan, pada saat karnaval, Presiden tidak duduk di panggung kehormatan tetapi  akan berbaur bersama masyarakat yang ikut karnaval. Bedanya Presiden dan ibu negara ikut karnaval pakai mobil hias, sedangkan masyarakat akan berjalan kaki.  Sedangkan, waktu karnaval akan memakai ulos Si Rara yang diperuntukkan untuk para rajka-raja orang terhormat, sedakan ibu negara akan mengenakan ulos Tumtum.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kegiatan Karnaval Kemerdekaan yang sebelumnya dikenal dengan Karnaval Budaya dari 34 provinsi se-Indonesia diselenggarakan di sekitar Istana Negara Jakarta, sejak tahun 2015  dilaksanakan di daerah. Tahun lalu berlangsung di Pontianak, Kalbar sedangkan tahun ini di Danau Toba, Sumut dengan tema karnaval Pesona Danau Toba.

Menpar mengatakan, Presiden Joko Widodo memilih Danau Toba sebagai pusat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 dengan tujuan membangkitkan kebanggan berbangsa dan menjadi penyulut semangat Indonesia kerja nyata, serta untuk menindaklanjuti kebijakan nasional dalam pembangunan kepariwisataan agar lebih fokus dalam pengembangan 10 destinasi unggulan.

Post Author: Come To Lake Toba

1 thought on “Presiden Hadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba

    yudhi

    (Agustus 11, 2016 - 4:29 am)

    mantappp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *