Karnaval Kemerdekaan Siap Hebohkan Danau Toba Pekan Depan

Jakarta – Menyambut HUT RI ke-71, Kemenpar akan menggelar Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Sumut. Kawasan Danau Toba pun akan semakin meriah.

Kalau tahun lalu ada Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, tahun ini giliran Danau Toba yang menjadi lokasi karnaval dalam rangka merayakan HUT RI ke-71. Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) akan digelar tanggal 20-21 Agustus 2016.

Lokasinya ada dua, yaitu di Parapat, Kabupaten Simalungun dan Balige, Kabupaten Tobasa. Kawasan Danau Toba ini dipilih karena selain tempatnya indah, juga merupakan kawasan yang badan otorita pariwisatanya sudah disetujui Presiden dan untuk menggaungkan Toba sebagai satu dari 10 destinasi pariwisata unggulan. Rangkaian acara seru pun telah disiapkan untuk menghibur wisatawan.

“Kita mulai tanggal 20 dan lanjut tanggal 21. Event-nya ada 3 besar, yang pertama ada konser, kedua karnaval yang ketiga pesta rakyat, ada kuliner ada tari,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam jumpa pers persiapan KKPDT di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Rangkaian kegiatan KKPDT meliputi konser di panggung terapung yang akan diramaikan artis ibukota mulai dari Sammy Simorangkir hingga Slank, parade perahu hias, tari kontemporer berbasis tari daerah, opera Batak, pesta kuliner dan berakhir dengan karnaval serta panggung rakyat.

“Akan ditampilkan budaya lokal dan nasional,” tutur Ketua Panitia KKPDT Premita Fifi.

Untuk karnavalnya di Balige akan disiapkan lintasan sepanjang 3,5 km yang membentang dari Soposurung hingga Simpang Sibulele. Peserta karnaval pun bakalan heboh, ada 15 mobil hias, 700 wanita berpakaian adar dan menyunghi tandok berisi beras, 300 pemain seruling dan masih banyak lagi.

Perwakilan berbagai provinsi di Indonesia juga akan ikut memeriahkan KKPDT. Presiden Joko Widodo pun rencananya akan ikut hadir dalam gelaran akbar ini. Begitu pula dengan sejumlah menteri dan duta besar.

“7 Kabupaten di Toba sudah memberikan kontribusi. Masih ada 26 kabupaten di Sumatera Utara. Yang sudah confirm hadir juga 26 provinsi. Nanti Pak Jokowi akan ikut karnaval dengan mobil hias,” kata Koordinator Karnaval Jay Wijayanto. Detik.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *