Dari Toba, Mari Kunjungi Desa Eksotis Tuktuk Siadong

Tuktuk Siadong merupakan sebuah desa yang sungguh eksotis di pesisir Danau Toba. Terletak di semenanjung Pulau Samosir dan berjarak 4 kilometer dari Tomok. Letak Tuktuk Siadong cukup dekat dengan pintu gerbang pulau Samosir. Bahkan, menjadi tempat peristirahatan yang paling digemari baik oleh turis lokal maupun turis asing selama liburan mereka di Pulau Samosir.

Daerah yang sarat akan eksotime pemandangan alamnya. Dari tempat ini pula, Anda dapat menikmati keindahan danau Toba yang begitu ajaib. Tempat yang menjadi pusat kegiatan wisatawan yang ingin melewatkan malam di Samosir ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Hotel-hotel dan vila-vila berkelas serta penginapan berjajar di pinggir danau, mempercantik pemandangan dengan arsitektur dan penataan yang indah. Ada juga beberapa coffee shop yang menyediakan fasilitas internet yang dapat melengkapi suasana liburan berkesan Anda di Tuktuk Siadong.

Sebagai desa tujuan wisata, selain pemandangan alamnya, Tuktuk Siadong juga dikenal kaya akan kebudayaan Batak. Untuk itu, ketika Anda menyempatkan diri berkunjung ke Tuktuk Siadong, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak objek wisata yang mampu membuat liburan Anda lebih berkesan.

Selama masa liburan Anda di desa ini, Anda akan dihadiahi sebuah panorama dalam jarak pandang yang sangat luas, tanpa campur tangan gemerlap dan kesibukan kota, hanya Anda dan alam. Di sini, jika Anda memiliki banyak waktu, jangan lupa sempatkanlah untuk pergi ke Bukit Beta, sebuah kawasan dengan panorama alam yang luas bisa Anda temukan di tempat ini. Tempat ini juga merupakan lokasi paralayang berkelas internasional dan sering digunakan sebagai tempat bermain layang-layang. Beberapa ajang regular Samosir juga diadakan di tempat ini, seperti festival danau Toba dan kontes layang-layang. Setelah dari tempat tersebut, Anda juga bisa menuju langsung ke Bukit Siulakhosa yang berada di atas Bukit Beta Samosir. Tempat ini menjadi tempat kegiatan olahraga seperti gantole dan paralayang.

Di Tuktuk Siadong, Anda juga bisa menemukan berbagai macam kebudayaan Batak, di antaranya hasil kerajinan berupa ukiran kayu khas Batak yang mempesona, berbagai macam ulos yang cantik, Anda juga bisa menikmati pertunjukan musik dan tari tradisional khas Batak yang diperdengarkan oleh Gondang dan dipertunjukkan melalui tari tor tor.

Tuktuk Siadong lebih dikenal sebagai tempat berkumpulnya resort-resort, hotel, dan penginapan di Pulau Samosir. sejumlah pilihan hotel hingga homestay dengan tarif mulai dari Rp100.000 – Rp500, 000 per malam tergantung pada tipenya. Terdapat sejumlah besar akomodasi dan restoran yang juga menyewakan sepeda, sepeda motor dan buku. Anda juga dapat bertukar buku dengan yang Anda bawa. ┬áHotel kelas atas yang terletak di sepanjang pantai danau dengan pantai eksklusif untuk tamu. Olahraga air seperti kano, jetskiing, waterbikes, atau berenang dan memancing adalah hiburan terbaik di sini.

Berbagai keperluan traveler memang tersedia lengkap di sana, mulai dari akomodasi, restoran, kafe, mini market, rental mobil dan motor, biro perjalanan dan wisata, serta berbagai keperluan yang lainnya. Di Tuktuk Siadong, traveler juga bisa dengan mudah menjumpai toko-toko souvenir yang menjual benda-benda kerajinan tangan khas Batak, khususnya seni ukiran dan pahat yang terbuat dari bahan dasar kayu.

Cara lain menikmati Tuktuk Siadong adalah dengan melakukan perjalanan menyusuri keindahan Danau Toba. Anda bisa menyewa kapal dengan harga yang terjangkau. Atau, Anda bisa berjemur matahari di pinggir pesisir, layaknya berada di pinggir pantai. Berenang atau pun menikmati olahraga air dengan kano juga bisa jadi alternatif liburan yang mengasyikkan. Berkeliling desa yang tidak terlalu luas ini juga sangat menghibur. Anda bisa menyewa sepeda motor atau pun sepeda yang disediakan penduduk setempat menjelajahi desa dan segala keelokan yang tersimpan di dalamnya.

Menemukan makanan di Tuktuk Siadong sangat mudah karena selama 24 jam sejumlah restoran dan kafe selalu buka dan menawarkan Batak band, tarian, dan pertunjukan tradisional. Batak terkenal dengan musik yang merdu dan vokal yang kuat.

Desa Tuktuk  Siadong memang sudah cukup terkenal sebagai salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Apalagi di sana banyak terdapat bangunan-bangunan khas Batak yang sangat menarik perhatian para traveler. Berbagai kegiatan wisata bahari bisa dilakukan di Tuktuk, di antaranya berenang, menyelam, berlayar, bermain canoe, dan memancing di perairan Danau Toba yang sangat jernih.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *