Gema Danau Toba melalui Karnaval Kemerdekaan 2016

Gaung “Danau Toba” akan semakin meluas lewat acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2016 yang diselenggarakan pada 20-21 Agustus 2016. Acara yang mengangkat salah satu dari 10 Top Destinasi Pariwisata Nasional ini akan menghadirkan pertunjukan seni budaya di tengah-tengah wisata alam, geopark dan kawasan wisata water sport Danau Toba.

Mengutip dari Indonesia.travel, ada dua lokasi berpanorama indah yang sudah disiapkan sebagai titik penyelenggaraan karnaval, yaitu Balige di Kabupaten Tobasa dan Parapat di Simalungun. Balige tidak kalah indah dengan Ubud di Bali. Pemandangan yang ditawarkan berupa sawah menghijau yang subur dan menyejukkan mata. Sementara itu, Parapat terkenal akan keramahan penduduknya serta budaya lokalnya yang cukup menarik.

Presiden Jokowi terus menyorot Danau Toba sebagai salah satu destinasi prioritas. Terkait dengan penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2016, sebelumnya pada 17 Agustus, Danau Toba juga ditunjuk oleh Jokowi menjadi pusat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71.

Menurut Raseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar, penempatan panggung direncanakan menyatu dengan alam. Akan dibuat panggung terapung berukuran raksasa yang didirikan di perairan Danau Toba, persisnya di Pantai Bebas Parapat.

Panggung yang memiliki panjang 24 meter, lebar 12 meter dan tinggi 6 meter itu akan disebut-sebut sebagai panggung terapung pertama terbesar di Danau Toba. Tak tanggung-tanggung, grup musik Slank, Sammy Simorangkir serta artis-artis ibukota lainnya akan mengisi kemeriahan panggung tersebut. Kegiatan lain yang akan mengisi panggung Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2016 adalah opera batak, parade lampu hias dan festival kulier rakyat.

“Bila tak ada perubahan, rangkaian kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2016 akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. Eksposure medianya sangat besar. Kegiatan ini akan diliput sembilan stasiun TV nasional maupun internasional, termasuk CNN dan Alzazera TV,” kata Raseno Arya.


Tahun lalu, acara yang sama digelar di Pontianak, Kalimantan Barat. Dipilihnya Danau Toba sebagai tuan rumah tahun ini juga dikarenakan akses yang sudah semakin mudah menuju kawasan wisata tersebut. Saat ini sudah ada penerbangan langsung Jakarta-Silangit Toba oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air, serta Kualanamu-Silangit dan Batam-Silangit oleh maskapai Wings Air.

Danau Toba merupakan salah satu keajaiban wisata alam yang menakjubkan dimana merupakan danau terluas di Asia Tenggara dan terdalam di dunia (450 meter). Danau bertipe vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Sekitar Danau Toba berupa hutan pinus yang tertata asri dihiasi beberapa air terjun yang mempesona. Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik (Pulau Samosir).

Kini, Danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia yang begitu indah. Tempat dimana pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan untuk menikmati keindahan alam seperti mendaki gunung, berenang, atau berperahu layar. Udaranya bersih dan sejuk harmonis dengan suasana santai masyarakatnya yang ramah.

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *