Lahan Kritis di Kawasan Danau Toba Mencapai 45 Persen

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, mengungkapkan, angka persentase lahan kritis di kawasan Danau Toba mencapai 45 persen dari 248.000 hektare (Ha) luas hutan.

“Lahan kritis hutan ini akan kita tuntaskan,” ujar Kepala Badan Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Lingkungan Hidup Asahan Barumun, Safoan mengulang pernyataan Siti Nurbaya, Jumat (29/7).

Dalam agenda penanaman 7.700 batang pohon di Desa Hutaginjang, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut) itu, Safoan menyampaikan, pemerintah akan melakukan pembenahan.

Ditambahkan, pemerintah akan lebih serius dalam membangun kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata. Langkah konkrit yang dilakukan, kata dia, dengan melakukan restorasi dan penanaman pohon di seputaran Danau Toba.

“Penanaman pohon akan menambah keindahan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. Ini membawa banyak manfaat buat masyarakat,” katanya.

Menurutnya, upaya rehabilitasi dan penanaman satu juta bibit pohon dilakukan tahun ini. Lahan yang disiapkan seluas 266 Ha, dan untuk Kecamatan Muara disiapkan 70 Ha lahan. Selebihnya, dilakukan di Samosir, Palipi dan Pangururan.

Sumber:http://www.beritasatu.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *