Wapres Jusuf Kalla Tebar 26 Ribu Ikan Endemik Danau Toba

Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Gubenur Sumatera Utara menebar tiga jenis ikan endemik di Danau Toba, Sabtu (30/7) di sela-sela acara Musyawarah Masyarakat Adat Batak di Pantai Bebas, Parapat .

Bibit ikan yang ditebar adalah jenis pora-pora, Ihan atau Jurong dan ikan Tawes adalah ikan yang pernah ada di Danau Toba namun seiring waktu berkurang jumlahnya.”Pemerintah berencana menurunkan jumlah Keramba Jaring Apung (KJA) sehingga kegiatan restoking perlu ditingkatkan, tujuannya meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan tradisional,” ujar Gubernur Sumut H T Erry Nuradi di sela-sela penebaran bibit ikan tersebut.

Restoking menurut Gubsu merupakan salah satu program Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perikanan dan Kelautan dalam upaya meningkatkan populasi ikan endemik Danau Toba. Hal itu untuk mendukung kelestarian Danau Toba dalam upaya pengembangan kawasan strategis nasional Danau Toba sebagai destinasi wisata nasional kelas dunia.

” Ini  dan bagian dari Rencana Aksi Penataaan Kawasan Danau bagian dari Rencana Aksi aksi terpadu penanganan Kawasan Danau Toba Tahun 2016-2018 yang sudah ditandatangani Pemprov Sumut beserta 7 kepala daerah se kawasan Danau Toba,” jelas Erry Nuradi.

Sumber:http://dnaberita.com/

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *