Danau Toba Destinasi Wisata, Ini Kata Wapres Jusuf Kalla

Pemerintah sudah menetapkan Danau Toba sebagai satu dari 10 destinasi prioritas Kementerian Pariwisata. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Danau Toba memiliki potensi pariwisata yang sangat baik.

“Satu usaha bidang ekonomi paling murah ialah turis, pariwisata. Karena modal sudah diberikan Tuhan. Modal cuaca yang baik, angin, pemandangan, danau yang sudah diberikan tuhan dan orang akan datang membayar untuk hal itu,” ujar Wapres JK di Lapangan Terbuka, Parapat, Sumatera Utara, Sabtu (30/7/2016).

Hal ini disampaikan JK ketika membuka acara Musyawarah Masyarakat Adat Batak 2016 di Danau Toba. Sekitar 2.000 orang hadir mewakili 260 marga yang ada di masyarakat Batak.

Namun untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata, JK menyebut banyak hal yang perlu dibereskan. Persiapan dan penataan yang ada, diharapkan akan menjadi pendapatan ekonomi yang bermanfaat kepada masyarakat.

“Tentu dibutuhkan upaya besar untuk merestorasi. Tapi inilah bisnis paling murah, memanfaatkan rezeki dari Tuhan. Agar jadi rezeki manusia. Mengembangkan (Danau) Toba jadi bagian destinasi utama wisata Indonesia. Harus dapat dukungan dari kita semua. Jangan disiakan karunia dari Allah,” ujar JK.

Menurut JK, dukungan tersebut adalah kesiapan juga harus ada di masyarakat. Sebab, untuk jadi destinasi pariwisata favorit turis, dukungan masyarakat menjadi syarat yang tak bisa dilepaskan. “Banyak sisi yang harus diperbaiki. Makanan yang enak, pelayanan yang baik, fasilitas yang bagus, kebersihan juga harus bagus,” ucapnya.

Wapres JK juga sempat melontarkan guyonan. Menurutnya, masyarakat Batak hampir sama seperti masyarakat Bugis dan Flores karena tidak mudah tersenyum kepada orang yang belum dikenal.

“Dan satu lagi, perbaikan senyum. Karena di sini tak beda jauh dengan di Makassar. Orangnya sedikit susah senyum. Sama juga seperti di NTT,” katanya yang langsung disambut tawa hadirin.

Ia menambahkan, segala hal yang ada di kawasan Danau Toba sudah baik karena memiliki panorama yang indah. Ia mengibaratkan Danau Toba sebagai gambaran surga dalam Islam.

“Untuk wisatawan dari Timur Tengah, mereka sangat tertarik dengan panorama indah yang hijau dan air. Seperti gambaran surga dalam Islam, dimana ada tumbuhan, buah, ada air mengalir, dan ada bidadari. Eh tapi, soal bidadari datang (membawa) sendiri lah. Kita punya konsep itu,” tuturnya dengan nada bercanda.

 Sumber:tribunnews.com/

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *