Rony Situmorang Dukung Zero Toleransi Polusi Danau Toba

Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Demokrat Rony Reynaldo Situmorang mendukung pernyataan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan terkait zero toleransi polusi di Danau Toba pada acara penutupan festival paduan suara bertaraf internasional bertajuk “1st North Sumatera International Choir Competition 2016”, di Open Stage Parapat, Sabtu (23/7).
Menurut Rony, zero toleransi sebenarnya sudah dilakukan Bupati Simalungun JR Saragih. Pemkab telah memberikan waktu hingga akhir tahun kepada para pengusaha untuk menutup kerambah ikan yang masih beroperasi.

“Selain pengusaha keramba jaring apung ikan, saya juga merasa harus ada pengawasan lebih khusus untuk usaha-usaha lain yang juga berefek negatif bagi kualitas air Danau Toba. Seperti usaha peternakan yang tidak mampu mengolah limbah kotoran ternaknya, bahkan sengaja membuangnya ke Danau Toba,” ucap Rony, di Medan, Senin (25/7).

Ia bukan anti investor, namun sangat anti pengusaha yang tidak memikirkan dampak yang terjadi pada lingkungan di kawasan Danau Toba.

“Untuk pengusaha yang tidak memikirkan kelestarian kawasan Danau Toba harus ditutup sementara usahanya. “Saya sangat rindu dengan kelestarian Danau Toba.

Dulu air Danau Toba berwarna biru. Saya juga rindu dengan aktifitas anak-anak yang berenang di pinggir dermaga sambil menangkap uang logam yang dilemparkan ke oleh penumpang kapal ke danau, sekarang itu sudah jarang terlihat,” tuturnya.
Sekretaris Komisi A DPRD Sumut ini juga mengajak semua stakeholder bergerak bersama agar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan meninjau ulang izin HPH di kawasan Danau Toba.

“Masyarakat akan tertindas. Kearifan lokal, keasrian dan kelestarian hutan kita juga lama-lama bisa tergadaikan. Penebangan kayu alam dan tanaman endemik di wilayah masyarakat adat mengakibatkan konflik sosial dan keresahan bagi anak bangsa yang sudah terlebih dahulu tinggal,” ujarnya. (zahendra)

Sumber:http://www.medanbisnisdaily.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *