Pemerintah siapkan program nyata kembangkan Danau Toba

Parapat

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah program nyata untuk mengembangkan potensi Danau Toba yang telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata nasional.

Dalam dialog nasional di Medan, Senin, Luhut Panjaitan mengatakan, diantara program tersebut adalah pengembangan landasan pacu Bandara Silangit yang dilakukan agar bisa didaratkan pesawat berbadan besar dengan tipe Boeing 737-800.

Ia telah menghubungi Ditur PT Angkasa Pura 2 Budi Karya Sumadi yang menyatakan program pengembangan Bandara Silangit tersebut sudah mulai dijalankan.

Direncanakan, minggu depan Angkasa Pura 2 juga akan membangun terminal baru agar bandara yang berlokasi di Kabupaten Tapanuli Utara itu mampu penumpang lebih banyak.

Dari komunikasi dengan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, landasan pacu Bandara Sibisa di Kabupaten Toba Samosir juga akan diperpanjang pada kuartal 1 tahun 2017.

Pihaknya juga mendapatkan informasi dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat yang akan membangun jalan sepanjang 12 km di Ajibata, Toba Samosir.

Lain lagi dengan penyediaan lahan seluas 500 hektare lahan untuk pembangunan resort dan berbagai fasilitas pendukung kepariwisataan Danau Toba yang sudah diproses.

Pihaknya mengakui masih ada sejumlah masalah dan kendala yang akan dihadapi dalam pengembangan Danau Toba tersebut, tetapi ia memastikan Presiden Jokowi sangat serius menjalankannya.

“Sepanjang itu untuk kepentingan negara, tidak masalah,” ujar Luhut dalam dialog yang dihadiri Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Adhi Prawoto, dan puluhan tokoh masyarakat Sumut itu.

Selain itu, kata Luhut, pemerintah juga menyiapkan pembangunan jalan tol dari Bakauheni, Provinsi Lampung hingga ke Aceh, termasuk tol dari Medan hingga Sibolga yang juga akan dibangun.

Sumber:http://www.antaranews.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *