Luhut: Danau Toba Akan Menjadi Monaco Asia

Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Pemerintah Pusat sangat mendukung dan mendorong percepepatan pengembangan Danau Toba menjadi Monaconya Asia.

“Apapun itu kalau untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat, Pemerintah Pusat pasti dukung”,tegas Luhut dalam acara penandatanganan Rencana Aksi terpadu penanganan Kawasan Danau Toba Tahun 2016-2018 oleh Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi beserta 7 Bupati se Kawasan DAnau Toba, di Grand Aston Medan, Senin (25/7/2016).

Luhut pada kesempatan itu mengajak kepada semua pihak termasuk tokoh agama di sekitar Danau Toba untuk mendukung rencana aksi guna percepatan Danau Toba menjadi Monaconya Asia.

Dikatakannya para pemimpin harus menjadi tauladan bukan hanya memerintah. “Agar Danau Toba menjadi Monaconya Asia, dan turis banyak datang selain lingkungan bersih tentunya keramah-tamahan,” ajak Luhut.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumut, T Erry Nuradi menjelaskan, sebelumnya pemerintah pusat pada tanggal 10 Maret 2016, telah mengeluarkan sembilan langkah strategis mendorong percepatan pengembangan Danau Toba menjadi Monaco of Asia atau Monaco-nya Asia.

Kesembilan langkah strategis mengembangkan danau Toba tersebut antara lain:

1. Mempercepat pengembangan akses udara dengan memperpanjang landasan pacu dan layanan Banda Udara Sibisa di Kecamatan Ajibata, Tobasa.

2. Membangun sarana pendukung penginapan (tourist resort) di kawasan Danau Toba.

3. Membangun jalan tol dari bandara Kuala Namu International Airport (KNIA) menuju Parapat.

4. Mengeruk dan memperdalam Danau di Kawasan Tano Ponggol.

5. Membersihkan kawasan Danau Toba.

6. Menyediakan wilayah Toba seluas 500 hektare untuk Eco-Tourism

7. Membuat Peraturan Presiden (Perpres) Badan Otoritas Pariwisatan Danau Toba

8. Menggalakkan bersih, senyum bagi warga sekitar Danau Toba

9. Menggencarkan promosi lengkap dengan sejarah terbentuknya Danau Toba.

Sumber:http://nasional.kini.co.id

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. JH Sitorus berkata:

    Sangat baik kalau usaha memajukan Danau Toba benar-benar dilaksanakan. Hanya kelihatannya sekarang ini baru tahap deklarasi dan bicara banyak. Bagi mereka yg langsung berkecimpung dan mendapat tugas utk memajukan Danau Toba sudah seharusnya membuat planning
    tahap-tahap kerja yg tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *