Gubsu dan 7 Bupati Sepakat Benahi Danau Toba

Tekad untuk menjadikan Danau Toba sebagai objek wisata internasional kian diseriusi pemerintah. Hal ini ditandai dengan penandatanganan rencana aksi terpadu yang dilakukan Gubsu HT Erry Nuradi bersama 7 bupati di kawasan Danau Toba, Senin (25/7/2016), di Hotel Grand Aston Medan, yang disaksikan langsung oleh tokoh Batak yang juga menjabat Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan.

Rencana Aksi Penanganan Kawasan Danau Toba ini merupakan tindak lanjut dari sembilan langkah strategis yang dikeluarkan pemerintah pusat dalam penataan dan pengembangan kawasan Danau Toba.

Gubsu H T Erry Nuradi mengatakan Pemprovsu telah membuat rencana aksi terpadu penanganan Kawasan Danau Toba yang akan dilaksanakan pada Tahun 2016-2018.  Untuk tahun 2016 ini ada 12 poin rencana aksi yang fokus pada pembenahan persoalan lingkungan dan penataan ruang kawasan Danau Toba.

Pada kesempatan itu Gubsu mengajak kepada tujuh Bupati di Kawasan Danau Toba untuk bersinergi dalam mendorong Danau Toba menjadi kawasan Wisata Bertaraf Internasional. Tidak hanya kepala daerah kawasan Danau Toba, tetapi juga tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh lintas agama dan seluruh masyarakat Sumatera Utara.

“Adapun keseriusan pemerintah pusat dalam pengembangan kawasan danau toba harus kita respon positif. Mudah-mudahan kesepakatan bisa memberi perubahan signifikan bagi Tao Toba. Mari kita bangkit bersama menuju Sumut yang lebih paten dan sejahtera,” sebut Gubsu.

Sementara itu, Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa Pemerintah Pusat sangat mendukung dan mendorong percepatan pengembangan Danau Toba menjadi Monaconya Asia.

“Apapun itu kalau untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat, Pemerintah Pusat pasti dukung,” tegas Luhut.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga  menjelaskan bahwa sebelumnya pemerintah pusat pada tanggal 10 Maret 2016 yang lalu telah mengeluarkan sembilan langkah strategis mendorong percepatan pengembangan Danau Toba menjadi Monaco of Asia atau Monaco-nya Asia.

Sumber:http://www.tobasatu.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *