Pemerintah Dorong Penerapan Teknologi Sektor Pertanian di Kawasan Danau Toba

Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman menyerahkan bantuan alat pertanian modern ke empat kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, yakni Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir, Kabupaten Kumbang Kabupaten Taput.

Sebanyak 6 unit traktor roda empat, 10 unit pompa air, 10 unit transplanter (alat penamam padi) dan mini 45 unit traktor roda dua diberikan oleh pemerintah untuk menunjang sektor pertanian di empat kabupaten yang terletak di sekitar Danau Toba tersebut.

“Hari ini atas nama pemerintah saya memberikan alat pertanian untuk masyarakat. Pemerintah ingin mendorong peningkatan hasil pertanian di Sumatera Utara agar harga kebutuhan pangan bisa terjamin,” ujar Amran saat menyerahkan bantuan secara simbolis di gedung Yayasan Del, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (23/7/2016).

Amran berharap masyarakat di kawasan sekitar Danau Toba mampu meningkatkan kesejahteraan melalui swasembada pangan.

Menurutnya para petani di daerah saat ini harus mengenal mekanisme pengolahan secara modern agar sektor pertanian di Indonesia bisa bersaing dengan negara lain.

Selain itu, dengan adanya penerapan teknologi modern, akan semakin banyak generasi muda yang memilih sektor pertanian sebagai mata pencahariannya.

“Tanpa teknologi mustahil pertanian Indonesia bisa bersaing. Sementara banyak anak muda sekarang yang tidak mau turun ke sawah. Saya harap dengan penerapan teknologi modern. Sektor pertanian semakin maju,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengatakan bahwa mayoritas masyarakat di sekitar Danau Toba mengandalkan pertanian sebagai mata pencaharian.

Selama ini, kata Darwin, masyarakat mengolah sawahnya dengan cara-cara tradisional. Dia mengharapkan dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat bisa meningkatkan produksinya.

“Masyarakat di sekitar Danau Toba sebagian besar petani tradisional. Dengan adanya bantuan dari pusat, saya harap masyarakat bisa memanfaatkan teknlogi modern untuk meningkatkan produksinya,” kata Darwin. (*)

Sumber:http://medan.tribunnews.com/

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *